Peluang Kerja di Luar Negeri Terbuka Lebar, Nakertrans : Upgrade Skill dan Etos Kerja – Kendari Pos
Metro Kendari

Peluang Kerja di Luar Negeri Terbuka Lebar, Nakertrans : Upgrade Skill dan Etos Kerja

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sultra, Saemu Alwi saat membuka sosialisasi penempatan dan perlindungan tenaga kerja migran Indonesia luar negeri di Balai Latihan Kerja (BKL) Kendari, kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID — Jumlah angkatan kerja Sultra tahun 2019 ini lebih dari 1,2 juta orang. Penganggurannya ada sekitar 38 ribu. Itu sesuai data yang dirilis BPS Sultra awal tahun 2019 lalu. Nah, untuk menekan angka itu, warga Sultra bisa memanfaatkan peluang kerja di luar negeri (LN). Syaratnya, skill harus diupgrade dan kemampuan bahasa luar negeri harus pula ditingkatkan.

Itu diungkapkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sultra, Saemu Alwi saat membuka sosialisasi penempatan dan perlindungan tenaga kerja migran Indonesia luar negeri di Balai Latihan Kerja (BKL) Kendari, kemarin. Dia mengakatan, pencari kerja di Sultra ribuan jumlahnya. Mulai dari fresh graduate hingga yang sudah berpengalaman. Menurut dia, tenaga siap kerja bukannya tidak ingin bekerja di luar negeri, hanya saja mereka tidak mengetahui adanya peluang itu.

“Sehingga dengan adanya sosialisasi ini, saya sangat berharap ada pencerahan pada anak-anak kita bahwa memang tidak susah bekerja di luar negeri, asal ada kemauan dan tahu caranya,” katanya. Kepala BNP2TKI Regional Makassar, Dr.Agus Bustami SE.MM mengatakan, sosialisasi itu memang bertujuan untuk membuka wahana berpikir peserta sosialisasi terkait peluang kerja luar negeri ini. Yang terpenting juga kesiapan mereka.

“Secara psikologis, pendidikan, kesehatan, etos kerja dan mental mereka harus siap. Kalau syarat itu dipenuhi negara menjamin perlindungan atas mereka saat diterima kerja di luar negeri. Bilapun ada berita-berita miring soal TKI di luar sana, itu karena mereka berangkat dengan cara ilegal. “Lowongan di luar negeri cukup banyak. 3000-an orang yang siap hari ini tetap bisa bekerja semuanya, asal manfaatkan peluang dan upgrate skill,” katanya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy