Pelaku Asusila Dilarang Maju Pilkada – Kendari Pos
Politik

Pelaku Asusila Dilarang Maju Pilkada

La Ode Abdul Natsir Muthalib

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah merancang revisi Peraturan KPU (PKPU) mengenai syarat pencalonan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020. Dalam draf rancangan tersebut, ada satu pasal yang melarang seseorang yang pernah melanggar kesusilaan untuk mencalonkan diri sebagai gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota. Tindakan asusila yang dimaksud antara lain judi, mabuk, pemakai/pengedar narkotika, zina, dan perbuatan melanggar kesusilaan lainnya.

Ketua KPU Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Abdul Natsir Muthalib, mengatakan, aturan tersebut sebenarnya sudah ada dalam undang-undang (UU) nomor 1 tahun 2015 pasal 7 ayat 2 huruf i sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 10 tahun 2016. Selain itu juga telah diatur dalam PKPU sebelum revisi, yakni PKPU nomor 3 tahun 2017. Namun, dalam PKPU tersebut tidak disebutkan secara rinci perbuatan asusila yang dimaksud. Pasal itu dikhawatirkan berpotensi multitafsir. Karenanya, KPU ingin membuat penegasan melalui revisi PKPU.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top