Pegawai OJK Sultra Berguru Inklusi Keuangan di Negeri Kanguru – Laman 2 – Kendari Pos
Nasional

Pegawai OJK Sultra Berguru Inklusi Keuangan di Negeri Kanguru

“Melalui mekanisme ini, kami semakin sadar sebagai regulator atau pembuat kebijakan, sangat penting untuk terjun langsung ke lapangan. Membandingkan angka dan realitas, atau membandingkan teori dengan kondisi lapangan,” kata Ridho.

Salah satu kekaguman Ridho dengan Australia adalah tingkat inklusi hampir mencapai 100 persen. Rata-rata homeless (gelandangan,red) yang di wawancaranya Ridho sudah khatam soal industri jasa keuangan di Australia, rupanya mereka bertransaksi nontunai, cukup pakai QR atau kode batang saat belanja sehari-hari. “Bayangkan saja homeless (gelandangan,red) di sana rata-rata memiliki rekening di bank. Itu kami ketahui ketika melakukan penelitian langsung dengan mewawancara mereka,” ungkapnya.

Selain itu, penggajian termasuk pembayaran transaksi jual-beli barang di Australia mayoritas sudah cashless. Dimana aktivitas cashless melalui transfer rekening atau pengunaan kartu debit/credit berdampak positif pada sektor lain seperti penghitungan pajak atau dana pensiun, hingga hal yang paling simple tidak perlu membawa dompet tebal.

Ridho juga melihat bagaimana Australia mengintegrasikan pelayanan terkait dukungan untuk masyarakat pra-sejahtera melalui satu pintu yaitu Centrelink. “Ekosistem sosial masyarakat Australia sangat kuat, bayangkan kita akan menemukan banyak toko-toko yang menjual pakaian atau peralatan layak pakai dengan harga murah,” bebernya.

Laman: 1 2 3 4

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy