Pabrik Gula Siap Dibangun di Lawa Mubar – Kendari Pos
Muna Barat

Pabrik Gula Siap Dibangun di Lawa Mubar

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pabrik gula terbesar di Sultra akan dibangun di Muna Barat (Mubar). Sesuai jadwal, penandatangan MOU antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mubar dan perusahaan antara tanggal 28 Oktober sampai tanggal 1 November. Lokasi pembangunan pabrik gula berada di Kecamatan Lawa.

Sebenarnya, penandatangan MOU bisa dilakukan lebih awal atau tanggal 25 Oktober. Namun karena bertepat dengan pertemuan direksi perusahaan di Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng), jadwalnya di geser. Atas dasar itu, pihaknya perusahaan telah melayangkan permintaan maaf.

Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada mengatakan pembangunan pabrik gula melalui proses yang panjang. Awalnya, pihaknya diundang melakukan ekspos di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di gedung Aliwardana Jakarta. Di kesempatan itu, pemerintah pusat dengan menjadikan Mubar sebagai sentra gula nasional selain Gorontalo dan Nusa Tenggara Timur.

“Saya teringat soal industri pengolahan tebu ini. Pada bulan Mei tahun 2018 lalu, kami di undang ke Jakarta. Hari ini, akan segera dibangun. Yang pastinya, pembangunan pabrik gula di kecamaatan Lawa maka akan membuka peluang kerja bagi masyarakat sekitar,” ujar LM Rajiun Tumada kemarin.

Mantan Kepala Badan Satpol PP dan Linmas Sultra ini mengaku sengaja meminta perusahaan membangun pabrik terlebih dahulu ketimbang membuka lahan perkebunannya. Hal ini tak lain untuk memberi kenyakinan kepada masyarakat. Pasalnya, banyak perusahan yang masuk di daerah, namun itu hanya janji.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy