OJK Sukses Edukasi Ribuan Masyarakat Sultra – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

OJK Sukses Edukasi Ribuan Masyarakat Sultra

Kantor OJK Sultra

KENDARIPOS.CO.ID — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Sultra telah sukses menjalankan tugasnya sebagai unit pencegahan kerugian (preventif) masyarakat di Sultra. Buktinya, sampai per September 2019, OJK Sultra berhasil mengedukasi sebanyak 4.645 orang dari berbagai elemen masyarakat di Bumi Anoa. Capaian prestisius tersebut direalisasikan melalui 38 aktivitas sosialisasi di masyarakat.

Kepala Subbagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen (EPK) OJK Sultra, Ridhony Marisson Hasudungan Hutasoit mengungkapkan,
jika dibandingkan dengan target yang ditetapkan secara agregat, realiasi jumlah partisipan sosialisasi mencapai 142,75 persen. “Adapun tingkat distribusi sasaran prioritas edukasi keuangan tahun ini yaitu perempuan, pelajar, dan UMKM yang telah mencapai 100 persen. Artinya, sasaran prioritas dimaksud telah berhasil dijangkau oleh OJK Sultra,” ungkapnya, Kamis (10/10).

Lanjut dia, berdasarkan sampling survei tingkat pemahaman yang dilakukan setelah edukasi selasai, rata-rata mencapai 85.32 persen. Kondisi ini, kata Ridho, mengakibatkan peningkatan jumlah masyarakat yang datang mengadu atau konsultasi kepada OJK Sultra, baik terkait produk ataupun layanan sektor jasa keuangan. ” Termasuk investasi illegal (bodong),” ujarnya.

Khusus untuk segmen Pinjaman Online (Pinjol), kata Ridho, tingkat pengaduan masayarakat melalui Pinjol semakin meningkat. Itu bisa dilihat dari total masyarakat yang datang ke OJK Sultra baik melaporkan diri sebagai korban atau sekadar ingin tahu. Meski sampai akhir September 2019 baru 6 warga yang datang ke OJK Sultra terkait masalah pinjol. Ini menandakan adanya peningkatan yang signifikan jika dibandingkan tahun sebelumnya yang sama sekali tidak ada pengaduan.

Adapun proporsi korban Pinjol saat ini, masih didominasi oleh kaum perempuan. Dimana mereka ditawari Pinjol Ilegal melalui Short Massage Service (SMS). Tidak jarang, kehadiran SMS tersebut disambut oleh kebutuhan dana dalam rumah tangga, khususnya dalam aktivitas konsumtif.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy