Menristek Minta Rektor Perketat Data Dosen – Kendari Pos
Nasional

Menristek Minta Rektor Perketat Data Dosen

Mohamad Nasir

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menginstruksikan kepada para rektor perguruan tinggi di seluruh Indonesia, untuk melakukan profiling dosen dan pegawai yang bekerja di kampusnya. Profiling ini berupa pengawasan, pemetaan, pencarian data dan informasi yang lengkap mengenai SDM (Sumber Daya Manusia) tersebut.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir mengatakan, langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi dan mendeteksi dini jika ada sivitas akademika perguruan tinggi yang terpapar radikalisme. “Cara ini dilakukan guna mengantisipasi agar para pengajar dan pegawai di perguruan tinggi tidak terpapar radikalisme yang dapat mencoreng dunia pendidikan tinggi,” kata Nasir, Jumat (4/10).

Untuk itu Nasir meminta, profiling terhadap dosen dan pegawai yang bekerja di perguruan tinggi segera dilakukan rektor. Dengan adanya pemetaan profil pegawai yang dilakukan dengan baik.
“Penyebaran paham radikal di lingkungan perguruan tinggi setidaknya dapat diminimalisir,” tegasnya.

Menurut Nasir, peran aktif rektor sangat dibutuhkan agar lingkungan lembaga pendidikan tidak mudah disusupi oleh paham radikal yang mengancam mahasiswa. “Peran rektor sangat besar untuk bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Brigjen Pol Hamli menyarankan, agar pihak kampus melakukan pengawasan aktivitas keagamaan yang diikuti mahasiswa, terutama forum-forum pengajian. “Kuncinya ada pada dosen saat pengenalan, terutama dosen pendamping harus peka dan bisa memetakan ini siapa dan bagaimana karakternya,” katanya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy