Menatap Periode Kedua, Tujuh Petahana di Sultra Berburu Parpol – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Menatap Periode Kedua, Tujuh Petahana di Sultra Berburu Parpol

KENDARIPOS.CO.ID — Tahapan Pilkada 2020 di tujuh daerah sudah dimulai KPU. Para bakal calon bupati sibuk bergerilya meraih simpati partai politik (Parpol) pemilik di DPRD. Petahana masih berhasrat mengincar kursi bupati pada periode kedua. Mereka tak luput mendaftar di parpol yang membuka penjaringan bakal calon kepala daerah.

Tujuh petahana yang bakal tampil kembali di Pilkada 2020 adalah Bupati Wakatobi, Arhawi, Bupati Konsel, Surunuddin Dangga, Bupati Koltim, Tony Herbiansyah, Bupati Konut, Ruksamin, Bupati Muna, Rusman Emba, Bupati Konkep, Amrullah dan Bupati Buton Utara (Butur), Abu Hasan. Bupati Konsel, Surunuddin Dangga telah mendaftar di Partai Golkar, PDIP, Demokrat, Nasdem dan Gerindra.

Dari lima partai tersebut, Surunuddin Dangga telah mengembalikan berkas pendaftaran di PDIP dan Partai Golkar. Setiap pasangan calon harus mengantongi minimal tujuh kursi untuk tampil di panggung Pilkada Konsel. “Kalau di Partai Demokrat dan Nasdem, Insya Allah akan kami serahkan berkas pendaftaran pada Senin, 14 Oktober (hari ini,red),” ujar Surunuddin Dangga kepada Kendari Pos, Minggu (13/10).

Relawan Surunuddin, Nanang Supratman, menyerahkan berkas pendaftaran Surunuddin sebagai bakal calon bupati ke Partai Golkar. “Surunuddin akan mencoba semua peluang yang ada. Hari ini, kami mewakili menyerahkan berkas pendaftaran karena beliau masih ada urusan di luar negeri,” ujar Nanang, akhir pekan lalu.

Kendati demikian, Nanang menyebut bahwa Surunuddin yang notabene kader Golkar berharap mendapat restu partai berlambang pohon beringin itu. “Surunuddin berharap bisa bersama Golkar di Pilkada 2020. Ia sudah ikut andil membesarkan Golkar di Konsel sehingga loyalitasnya terhadap partai tidak perlu diragukan lagi,” imbuhnya.

Sekretaris Golkar Konsel, Manarfa, mengatakan, pengembalian formulir pendaftaran dibatasi hingga 12 Oktober. Nama-nama pendaftar yang telah terverifikasi selanjutnya diserahkan kepada DPD Golkar Sultra untuk diplenokan. Dari delapan pendaftar, hanya empat yang mengembalikan formulir di Golkar Konsel. Mereka terdiri dari dua bakal calon bupati dan dua bakal calon wakil bupati. Satu di antaranya bukan kader Golkar. “Bakal calon bupati yang dimaksud yakni Surunuddin dan Irham Kalenggo. Semua pendaftar akan difinalkan tanggal 15 Oktober di provinsi untuk diserahkan ke pusat,” ungkap Manarfa.

Bupati Butur, Abu Hasan melirik parpol-parpol pemilik kursi di DPRD seperti PDIP, Golkar dan Demokrat. Mantan Karo Humas Pemprov Sultra itu telah mendaftar di Partai Golkar dan Demokrat. “Saya mendaftar di partai Golkar dan Demokrat. Kemungkinan di PKPI dan PAN juga,” ujar Abu Hasan.

Ketua PDIP Sultra itu optimis bisa merebut dua partai peraih kursi di parlemen Butur tersebut. Di DPRD Butur, Partai Golkar punya tiga kursi, Demokrat punya dua kursi dan PDIP mengoleksi empat kursi.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy