Menanti Janji Politik Jokowi-Ma’ruf Amin – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Menanti Janji Politik Jokowi-Ma’ruf Amin

Joko Widodo dan Ma’ruf Amin resmi menjalankan peran sebagai presiden dan wapres setelah dilantik dalam sidang paripurna MPR dengan agenda tunggal pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

KENDARIPOS.CO.ID — Duet Jokowi-Ma’ruf Amin sudah dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden, Minggu (20/10) kemarin. Rakyat Indonesia kini menanti janji politik yang sudah diikrarkan dalam kampanye Pilpres lalu. Harapan janji itu ditunaikan terus terpatri dalam diri setiap insan Indonesia. Termasuk masyarakat Sultra.

Program kerja yang belum maksimal pada periode pertama Presiden Jokowi, setidaknya dapat dituntaskan pada periode kedua. Terutama peningkatan sumber daya manusia Indonesia hingga komitmen pemberantasan korupsi. Meski komitmen Presiden Jokowi memberantas korupsi sempat “diuji” dengan adanya revisi UU Nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pembacaan sumpah wapres Ma’ruf Amin setelah dilantik dalam sidang paripurna MPR dengan agenda tunggal pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Pengamat hukum Sultra, Kamaruddin Djafar, mengaku lebih optimis terhadap pemerintahan Presiden Jokowi pada periode kedua. “Kemarin itu kita lihat Pak Jokowi masih punya kepentingan di periode kedua. Sehingga komunikasi dengan partai politik terpelihara. Beberapa kali beliau juga menyampaikan tidak memiliki beban. Mudah-mudahan bisa lebih tegas nantinya,” ujar Kamaruddin, Minggu (20/10).

Mengenai penyelesaian hukum, ia menilai masih terjadi benturan-benturan antara Presiden Jokowi dengan berbagai pihak yang akan mempengaruhi citranya pada periode kedua. Meski tidak begitu yakin, Kamaruddin berharap persoalan-persoalan hukum di periode kedua Jokowi dapat ditangani lebih tegas. “Saya melihat Presiden Jokowi sangat mengutamakan stabilitas. Sementara penanganan hukum yang tegas terkadang menimbulkan riak-riak dan konflik yang berpengaruh terhadap stabilitas,” jelas Kamaruddin.

Harapan agar kinerja pemimpin bangsa, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH.Ma’ruf Amin datang dari pakar Ekonomi Universitas Halu Oleo (UHO), Prof. Dr. Nurwati. Dia optimis pada periode kedua Presiden Jokowi ini, arus investasi dapat didorong lebih deras lagi, khususnya di Sultra. Hal tersebut dilakukan mengingat potensi sumber daya alam yang melimpah di Bumi Anoa terutama pada sektor pertanian, perkebunan, perikanan, kelautan, dan sektor pertambangan.

“Semua membutuhkan pendampingan dalam pengelolaannya. Mulai dari ilmu pengetahuannya, skill dan materi. Itu demi kelancaran pengelolaannya supaya hasilnya lebih maksimal,” kata Prof.Nurwati.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy