Menantang Revolusi Industri 4.0 : Pameran Produk Inovasi Unggulan dan LKS SMK se-Sultra – Kendari Pos
Nasional

Menantang Revolusi Industri 4.0 : Pameran Produk Inovasi Unggulan dan LKS SMK se-Sultra

Kadis Dikbud Sultra, Asrun Lio (tengah), Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin (kiri), Deputy Branch Manager Bank BTN Cabang Kendari, Abdu Rahmat (dua dari kanan) foto bersama usai pembukaan Pameran Produk Inovasi Unggulan karya siswa SMK se-Sultra di SMKN 1 Kendari, Selasa (15/10).

KENDARIPOS.CO.ID — Punya generasi bangsa yang kreatif dan inovatif, kemajuan negara dan daerah adalah sebuah keniscayaan. Lihat saja, siswa SMK se-Sultra berkumpul di Kendari dan memamerkan produk inovasi unggulannya. Produk itu lahir dari kreativitas dan inovasi. Mereka juga berkompetisi dalam lomba kompetensi siswa (LKS).

Melihat sisi kreativitas siswa kejuruan ini, dapat diyakini bahwa mereka sudah siap menghadapi dan menantang era revolusi industri 4.0. Kaum muda yang diyakini membawa kemajuan Sultra dengan menempa diri dan meningkatkan kreativitas.

Kadis Dikbud Sultra, Asrun Lio (tiga dari kanan) dan Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin (dua dari kanan) terpukau dengan karya siswa SMK yang dipamerkan dalam pameran Produk Inovasi Unggulan siswa SMK se-Sultra, di SMKN 1 Kendari, Selasa (15/10).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Asrun Lio mengatakan perkembangan teknologi melaju pesat. Semua elemen harus tampil kreatif agar tidak tertinggal. “Mungkin benar, teknologi begitu canggih, namun dibalik peradaban canggih ini teknologi tidak bisa melakukan sesuatu dalam menghadapi permasalahan kompleks. Mesin-mesin tidak dapat berkreasi. Kitalah yang kreatif menghasilkan mesin-mesin tersebut,” ujarnya, saat mewakili Gubernur Sultra membuka produk inovasi unggulan dan LKS SMK se-Sultra di SMKN I Kendari, Selasa (15/10).

Asrun bangga melihat kreativitas siswa SMK. Materi alam lokal mampu diubah yang bernilai tambah. Menurutnya, pameran produk inovasi unggulan ini harus dioptimalkan pada tahun mendatang. “Siswa SMK se-Sultra itu full of creativity. Penuh kreativitas. Ada yang dapat memanfaatkan tanaman menjadi penganan dan bahkan obat-obatan. Kemasannya pun menarik.Saya sudah instruksikan agar semua produk olahan makanan segera di register agar diberi penilaian dan label oleh POM. Dua label penting pada produk makanan yakni label kesehatan dan label halal,”ungkapnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy