Melihat Desa Awiu, Pelosok yang Dirundung Gulita Dihari Listrik – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Melihat Desa Awiu, Pelosok yang Dirundung Gulita Dihari Listrik

Semangat belajar Nurul Sahrani tak surut meski hanya diterangi lampu minyak. Warga di desa Nurul, Desa Awiu hingga kini belum menikmati listrik PLN.

KENDARIPOS.CO.ID — 27 Oktober lalu, hari listrik diperingati. Tapi tidak semua warga di Sultra menyambutnya dengan suka cita. Masih ada beberapa wilayah hingga pelosok yang belum diterangi atau terjangkau listrik dari perusahaan listrik negara (PLN). Mereka masih dirundung gulita.

Mudah saja warga menerangi malam secara swadaya. Namun hanya warga yang punya finansial berlebih. Entah sebagai petani atau nelayan sukses. Mereka akan mudah membeli generator set. Kendati begitu, waktu operasi genset di batasi beberapa jam saja, untuk menghemat biaya bahan bakar.

Di pelosok lain,warga hanya mengandalkan pembangkit listrik hasil bantuan pemerintah. Entah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) maupun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Lihat saja warga di dua dusun Desa Konaweha, Kabupaten Kolaka. Sekira 156 kepala keluarga (KK) di Dusun V Salea dan Dusun VI Ponu-Ponu belum menikmati listrik PLN. “Selama ini warga di dua dusun tersebut hanya mengandalkan listrik yang dihasilkan tenaga kincir air yang dirakit sebagai sumber listrik dan itu milik pribadi warga. Jadi ada sebagian yang memang tidak punya listrik sama sekali,” ujar Kepala Desa Konaweha, Hastu, kemarin.

Hastu mengatakan, dalam waktu dekat, dua dusun tersebut akan segara menikmati listrik. Dimana dua dusun tersebut masuk dalam program listrik masuk desa. “Alhamdulillah tiang listriknya sudah terpasang. Semoga jaringan listrik segera terkoneksi di dua dusun itu,” imbuhnya.

Kondisi yang sama dialami warga di Desa Desa Asemi Nunulai, Kecamatan Asera, Desa Labengki dan Desa Tapunopaka Kecamatan Lasolo Kepulauan. Tiga desa di dua kecamatan itu belum tersentuh distribusi listrik dari PLN. “Untuk didaerah pulau seperti Labengki dan Tapunopaka yang kita dorong pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Kalau di Asemi Nunulai itu pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH). Dan itu sudah berjalan,” ujar Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy