Masuk Zona Rawan, BMKG Helat Sekolah Lapang di Wakatobi – Kendari Pos
Wakatobi

Masuk Zona Rawan, BMKG Helat Sekolah Lapang di Wakatobi

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi patut bersyukur. Dari 500 lebih kabupaten/kota di Indonesia, Wakatobi terpilih sebagai salah satu lokasi sekolah lapang geofisika. Acara yang dihelat Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) Kendari yang turut dihadiri BMKG pusat mau pun Makassar. Selain membahas informasi gempabumi dan peringatan dini tsunami, pihak BMKG juga memberikan informasi tanggap bencana.

Kepala BPBD Wakatobi, Muhammad Yusuf mengucapkan terima kasih pada BMKG yang telah menyelenggarakan sekolah lapang geofisika di Wakatobi. Apalagi kegiatan ini dinilainya sangat penting. Mengingat Kabupaten Wakatobi memiliki wilayah dengan 97 persen adalah wilayah laut.

“Kegiatan ini sangat penting dilaksanakan di Wakatobi. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan edukasi kepada kita agar jika kedepan bisa tanggap bencana. Pada bulan Agustus tahun 2017 lalu Wakatobi juga merasakan guncangan gempabumi dengan magnitudo 4,2. Jadi, kami sangat menyambut baik kegiatan ini,” harap Yusuf.

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah 4 Makassar, Darmawan yang juga hadir dalam kegiatan ini menyebut tren bencana mengalami peningkatan setiap tahunnya. Bila pada tahunan 2013 yang tercatat 6 ribu bencana, tahun tahun 2014 naik signifikan menjadi 18 ribu bencana. Jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun hingga kini.

“Wakatobi jadi salah satu daerah dari 30 tempat di Indonesia yang melaksanakan Sekolah Lapang Geofisika ini. Wakatobi termasuk salah satu daerah yang diberi perhatian oleh BMKG. Kita berharap kegiatan ini memberi dampak positif untuk kita semua,” tandasnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top