Mahasiswa Teknik Geologi UHO Tingkatkan Wawasan – Kendari Pos
Edukasi

Mahasiswa Teknik Geologi UHO Tingkatkan Wawasan

Dosen UGM, Dr. rer. nat. Arifudin Idrus, M.T., saat menyampaikan materi kuliah umum di hadapan mahasiswa Teknik Geologi FITK Universitas Halu Oleo, Rabu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Guna menambah wawasan mahasiswanya dalam hal pengelolaan sumber daya mineral yang melimpah di Sultra, Program Studi (Prodi) Teknik Geologi Fakultas Ilmu Teknologi dan Kebumian Universitas Halu Oleo (FITK UHO) menghelat kuliah umum yang bertajuk “The Metamorphic Rock-Hosted Gold Mineralization In Sulawesi Island: Characteristics and Exploration Challenges”. Kegiatan ini berlangsung di gedung perkuliahan Teknik Geologi UHO, Rabu (16/10).

Kuliah umum tersebut dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Teknik Geologi FITK UHO, Dr. Hasria, S.Pd., M.Si., serta menghadirkan narasumber dari Dosen Teknik Geologi Universitas Gadjah Mada (UGM), Dr.rer.nat.Arifudin Idrus, S.T., M.T.

Ketua Jurusan Teknik Geologi FITK UHO, Dr. Hasria, M.Si., mengatakan kuliah umum ini merupakan salah satu upaya dari kampus untuk memberikan pemahaman khusus bagi seluruh mahasiswa Teknik Geologi tentang bagaimana cara menggali sumberdaya mineral, khususnya mineralisasi emas yang tersedia di Sultra. “Saya sangat mengapresiasi atas terselanggaranya kuliah umum ini. Alhamdulillah dengan melihat antusias para mahasiswa juga sangat besar untuk mengikuti kuliah umum. Ini menandakan bahwa mahasiswa Teknik Geologi memiliki keinginan besar untuk memperoleh pengetahuan baru,” jelasnya.

Mahasiswa Teknik Geologi harus mengambil peluang tersebut untuk bisa dimamfaatkan dengan baik. “Jadi harapan saya semoga wawasan mahasiswa bertambah dalam hal kajian tentang sumberdaya mineral khususnya mineralisasi emas Kabupaten Bombana dan wilayah-wilayah lainnya di Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan host batuan metamorf,” ungkapnya

.

Sementara itu, Dr. rer. nat. Arifudin Idrus, M.T., saat membawakan materi di depam ratusan mahasiswa Teknik Geologi mengatakan dengan sumberdaya mineral yang melimpah, khususnya mineralisasi membutuhkan peran penting geologi khususnya ahli geologi dalam menentukan adanya mineralisasi emas. “Sebagai mahasiswa yang berkecimpung pada bidang geologi, tentu harus mengetahui terlebih dahulu konsep dasar tentang endapan mineral, setelah mengatahui konsep, harus diperkuat konsep dasar mengenai hal itu, lalu kemudian harus terlibat kedalam untuk menambah pengalaman,” pungkasnya.

Sambungnya, melihat animo mahasiswa yang sangat kuat untuk belajar, tentu harus didukung dengan fasilitas, seperti mikroskop saja dulu.

“Sangat membutuhkan fasilitas, minimal mikroskop polarisasi dan mikroskop refleksi agar mahasiswa memahami basic science tentang mineral karena untuk mengetahui kandungan mineral dari suatu batuan, selain diamati secara megaskopis (kasat mata), juga dianalisis secara mikroskopis dengan menggunakan mikroskop,” tandasnya. (idh/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy