LPTK Tak Terakreditasi Dilarang Gelar PPG – Kendari Pos
Nasional

LPTK Tak Terakreditasi Dilarang Gelar PPG

Mohamad Nasir

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mencatat, bahwa dari 442 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang ada di Indonesia, baru sekitar 12 persen atau 44 kampus di antaranya saja yang baru memenuhi standar kualitas.

LPTK adalah lembaga yang menghasilkan tenaga pendidik (guru) dan tenaga kependidikan, contohnya Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan sebagainya.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir mengungkapkan, bahwa alasan itu pula yang membuat Kemenristekdikti baru berani melibatkan 63 LPTK untuk menggelar Pendidikan Profesi Guru (PPG).

“Kalau LPTK sekitar 12 persen, berarti tidak semua LPTK bisa menyelenggarakan pendidikan profesi. Tenaga-tenaga pengajarnya harus berasal dari profesional dan bekerja sama dengan perguruan tinggi lain,” kata Nasir, Jumat (11/10).

Nasir menambahkan, adapun syarat lain jika LPTK ingin menggelar Pendidikan Profesi Guru (PPG), harus memiliki akreditasi perguruan tinggi A dan akreditas prodi minimal B.

“LPTK yang boleh melakukan pendidikan profesi itu harus distandarisasi dulu, kalau tidak memenuhi standar enggak boleh,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Pembelajaran Kemenristekdikti, Paristiyanti menambahkan, untuk menggelar PPG, ada persyaratan yang harus dipenuhi LPTK, yakni mengantongi akreditasi perguruan tinggi minimal B dan akreditas prodi minimal A.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top