KPU Wakatobi Bahas Syarat Dukungan Calon Independen – Kendari Pos
Politik

KPU Wakatobi Bahas Syarat Dukungan Calon Independen

Pihak KPU bersama Bawaslu dan Dinas Dukcapil Wakatobi melakukan rapat koordinasi terkait penetapan jumlah minimum dukungan persyaratan dan persebaran calon perseorangan pada pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020.

KENDARIPOS.CO.ID — Jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wakatobi mulai melakukan koordinasi dengan pihak penyelenggara Pemilu lainnya. Sebelum tahapan penetapan jumlah dukungan perseorangan, KPU Wakatobi melakukan rapat bersama pihak Bawaslu dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat.

Penetapan jumlah minimun dukungan persyaratan dan persebaran calon perseroangan berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Wakatobi pada Pemilu terakhir akan dilakukan pada tanggal 26 Oktober mendatang. Sebelum hal itu ditetapkan, koordinasi dengan pihak penyelenggara Pemilu lainnya, dinilai sangat penting.

Ketua KPU Wakatobi, Abdul Rajab, menuturkan, baik teknis pelaksanaannya hingga proses lainnya sebelum melakukan verifikasi faktual sudah mulai dilakukan. “Kita bahas terkait teknis pelaksanaannya dengan pihak Bawaslu dan Dinas Dukcapil Wakatobi,” ungkapnya, kemarin. Kendati belum ada penetapan jumlah minimun dukungan persyaratan perseorangan, namun DPT terakhir Kabupaten Wakatobi pada Pemilu terakhir sebanyak 79.054 jiwa. Mengingat jumlah penduduk Kabupaten Wakatobi dalam DPT di bawah 250.000 pemilih, maka bakal calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar melalui jalur independen harus menyetor fotokopi KTP atau bisa dengan surat keterangan (sesuai aturan yang berlaku) minimal sebanyak 10 persen dari jumlah DPT terakhir.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy