KPK Ingatkan Risiko Penerimaan Gratifikasi – Kendari Pos
Nasional

KPK Ingatkan Risiko Penerimaan Gratifikasi

Febri Diansyah

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan kepada seluruh pihak yang beralih profesi menjadi penyelenggara negara untuk berhati-hati menerima pemberian baik uang maupun barang dari orang lain. Karena hal ini berpotensi ditelusuri oleh KPK sebagai dugaan penerimaan gratifikasi.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, apabila penyelenggara negara menerima pemberian dari pihak lain, maka diwajibkan melaporkannya kepada KPK maksimal 30 hari kerja. Hal ini sesuai dengan ketentuan pelaporan gratifikasi dalam Pasal 12C Ayat (2) Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor).

“Jika ragu dengan sebuah penerimaan, pelaporan ke KPK akan membantu untuk melindungi penyelenggara negara jika sewaktu-waktu ada persoalan terkait penerimaan tersebut,” ujar Febri kepada wartawan, Jumat (18/10).

Berkas pelaporan penerimaan gratifikasi yang dilakukan penyelenggara negara, dibeberkan Febri, nantinya akan dianalisa oleh Direktorat Gratifikasi Kedeputian Bidang Pencegahan KPK.

Analisa tersebut guna menelusuri apakah terdapat hubungan antara pemberian gratifikasi dengan jabatan dan aturan-aturan etik yang melarangnya. Setelahnya, maka diputuskan apakah pemberian tersebut menjadi milik penerima atau negara.

Terkait gratifikasi, publik sempat dikejutkan dengan unggahan Anggota DPR Fraksi Gerindra Mulan Jameela di media sosial. Istri musisi Ahmad Dhani itu mengunggah foto tiga buah kaca mata bermerek Gucci.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy