Koruptor Makin Sulit Ditangkap, Begini Dampak Berlakunya Revisi UU KPK – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Koruptor Makin Sulit Ditangkap, Begini Dampak Berlakunya Revisi UU KPK

KENDARIPOS.CO.ID — Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga kemarin belum menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang revisi UU KPK Nomor 30 tahun 2002. Apabila hari ini, Perppu tak kunjung terbit, maka secara otomatis revisi UU tentang KPK resmi berlaku.

Pegiat Anti Korupsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Dr. Hariman Satria, mengatakan, jika Presiden tidak mengeluarkan Perppu hari ini, akan terjadi defisit kepercayaan publik kepada pemerintah dan DPR. Defisit kepercayaan ini bisa menjadi stimulan munculnya ketidaksepahaman antara rakyat dengan presiden. Di kemudian hari, hal ini dikhawatirkan menyebabkan pembangkangan yang semakin meluas dan mengganggu jalannya pemerintahan.

“Saya sebenarnya masih berharap pikiran presiden terbuka bahwa korupsi adalah masalah krusial di Indonesia. Jika sampai besok (hari ini, red), Perppu tidak juga diterbitkan, berarti Presiden mau berhadapan dengan kekuatan rakyat yang sungguh-sungguh memperjuangkan hal ini,” ujar Hariman kepada Kendari Pos, Rabu (16/10).

Lebih jauh kata doktor ilmu hukum jebolan Universitas Gadjah Mada (UGM) ini, keengganan Presiden Jokowi memenuhi tuntutan penerbitan Perppu akan menjadi penegasan bahwa ia mengesampingkan agenda hukum. Mestinya, Jokowi sangat mafhum urgensi masalah ini. Apalagi, Jokowi pernah menyampaikan pada kampanye periode keduanya bahwa salah satu program Nawacitanya adalah menghasilkan penegakan hukum yang bebas dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Untuk mewujudkan Nawacita itu, menurut Hariman, paling tepat dengan menjaga muruah KPK. “Mengapa? Karena hampir semua lembaga penegak hukum konvensional seperti kejaksaan, kepolisian, dan pengadilan terjerat masalah korupsi di tubuh mereka sendiri. Hasil survei pun membuktikan, KPK masih sangat dipercaya publik,” tegasnya.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy