Kontras Dorong Pemerintah Hapus Eksekusi Hukuman Mati – Kendari Pos
Nasional

Kontras Dorong Pemerintah Hapus Eksekusi Hukuman Mati

Koordinator KontraS Yati Andriani, saat diwawancara awak media

KENDARIPOS.CO.ID — Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Yati Andriyani mendorong agar pelaksanaan hukuman mati di Indonesia dapat dihapuskan. Yati menilai, hak untuk hidup adalah hak yang tidak dapat dikurangi.

“Konstitusi kita sudah menyebutkan bahwa hak untuk hidup adalah hak yang tidak dapat dikurangi. Harusnya tidak lagi diberlakukan dan tidak digunakan lagi dalam negara kita yang sedang maju dan semakin demokratis dan menjunjung nilai hak asasi manusia,” kata Yati dalam agenda Peluncuran Laporan Situasi Lapas dan Terpidana Mati di Indonesia, Novotel Cikini, Jakarta, Kamis (10/10).

Aktivis HAM ini menyatakan, Indonesia sebenarnya memiliki potensi untuk segera menghapuskan penerapan hukuman mati. Hal itu bisa dilihat dari beberapa hal seperti adanya perubahan ketentuan hukuman mati dalam draf Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) menjadi hukuman alternatif.

Sebab, kata Yati, hukuman mati bukan jawaban atau solusi yang terbaik untuk melakukan penghukuman. Sehingga hal ini penting dikritisi dan dievaluasi. “Bisa terlihat dari upaya mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang melakukan moratorium hukuman mati di Indonesia. Mantan Presiden BJ Habibie dan Abdurrahman Wahid juga menentang praktik hukuman mati di Indonesia,” tegas Yati.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy