Komnas HAM Pantau Kasus Mahasiswa Tewas – Kendari Pos
Metro Kendari

Komnas HAM Pantau Kasus Mahasiswa Tewas

Kepala Biro Dukungan Penegakan HAM, Komnas HAM, Gatot Tristanto dan Asisten I Pemprov Sultra Sarifuddin Safaa memimpin pertemuan yang membahas tewasnya dua mahasiswa UHO saat aksi unjuk rasa menolak RUU kontroversi di DPRD Sultra, di ruang pola Kantor Gubernur Sultra, kemarin (9/10).

KENDARIPOS.CO.ID — Mabes Polri sudah turun ke Kendari untuk mengusut perkara yang meregang nyawa dua mahasiswa UHO, Muh Yusuf Kardawi dan Immawan Randy saat aksi demonstrasi menolak RUU kontroversi, 26 September lalu. Kendati demikian, polisi belum mampu mengungkap calon tersangka pembunuhan, hanya sebatas membebastugaskan enam anggota polri yang diduga membawa senjata api saat unjuk rasa.

Persoalan itu kini disorot Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Sejumlah organisasi luar negeri dan dalam negeri menyorot kasus itu. Hal diungkapkan Kepala Biro Dukungan Penegakan HAM, Komnas HAM, Gatot Tristanto di ruang Pola Sekretariat Gubernur Sultra. Dihadiri, Wakil Ketua DPRD sementara, Herry Asiku, Asisten I Pemprov Sultra Sarifuddin Safaa, Kabid Humas Polda Sultra AKBP Harry Golden, Forkopimda dan sejumlah mahasiswa.

“Dalam peristiwa unjuk rasa ini, Komnas HAM banyak mendapat pengaduan. Laporan hampir setiap hari terkait aspirasi serta dampak-dampaknya. Untuk di Sultra, pengaduan sudah skala nasional, sebab pengaduan dari beberapa organisasi bukan hanya dari dalam negeri tetapi juga luar negeri. Karena itu kami hadir di Sultra untuk mengetahui biduk persoalan kasus tersebut,”jelasnya.

Ia mempertanyakan proses-proses penanganan aspirasi yang disampaikan oleh mahasiswa. Gatot ingin tahu proses awal saat unjuk rasa, apakah pihak pemerintah telah mengambil langkah untuk mengantisipasi tragedi ini. “Bagaimana proses penanganan saat adik-adik kita menyampaikan aspirasi dan apa yang dilakukan usai tragedi ini. Bagaimana mengantisipasi agar aspirasi dijalankan tidak lagi menimbulkan anarkisme,”tegasnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy