Kenalkan Kearifan Lokal, Pemda Busel Gelar Festival Budaya – Laman 2 – Kendari Pos
Buton Selatan

Kenalkan Kearifan Lokal, Pemda Busel Gelar Festival Budaya

Dijelaskannya, tujuan utama kegiatan festival tersebut adalah untuk memperkenalkan kembali kepada masyarakat khususnya di Busel, nasional, bahkan dunia tentang kearifan lokal di wilayah itu. “Kita ingin memperkenalkan kearifan lokal yang masih dipertahankan. Misalnya Boti. Di era moderen seperti ini, mayoritas perahu sudah terbuat dari Fiber, padahal para leluhur kita dulu perahu yang digunakan itu terbuat dari kayu. Kendati begitu, perahu tersebut bisa menyebrangi samudera luas walaupun dengan terjangan ombak, inilah yang coba kita kenalkan dan lestarikan kembali,” jelasnya.

Sebagai daerah maritim sambung Harwanto, pemerintah ingin mengenalkan kehidupan masyarakat Busel yang sebagai besar melaut. Makanya, pemerintah menjadikan karnaval nelayan dengan menggunakan perahu tradisional (Boti) sebagai ikon festival ini. Khusus karnaval ini akan diikuti perwakilan setiap kecamatan di Busel.

“Ikon yang kami bawa karena Buton Selatan mayoritas wilayah laut, pertama itu adalah karnaval nelayan, disitu terdapat Boti-Boti atau perahu tradisional yang hari ini sudah langka. Melalui Festival tersebut kita dapat me lestarikannya sehingga tidak punah dengan kemajuan zaman sekarang,” ucapnya. (b/mel)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy