Kapolda Sultra Dilantik, Siap Tuntaskan Kasus Randi – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Kapolda Sultra Dilantik, Siap Tuntaskan Kasus Randi

KENDARIPOS.CO.ID — Tongkat komando Kapolda Sultra kini dalam genggaman Brigjen Pol Merdisyam setelah serah terima jabatan di Mabes Polri. Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin sertijab Kapolda Sultra dari Brigjen Pol Iriyanto kepada Brigjen Pol Merdisyam, Senin (30/9). Pergantian kapolda itu tak lepas dari peristiwa gugurnya dua mahasiswa UHO dalam aksi unjuk rasa di DPRD Sultra, Kamis (26/9). Randi dan Yusuf menjadi korban dalam aksi itu. Keduanya meregang nyawa.

Sejumlah perwira Tinggi Polri mengikuti sertijab di Ruang Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Senin (30/9). Kapolri Jenderal Tito Karnavian (kiri) menyematkan lencana kepada Kapolda Sultra, Brigjen Pol Merdisyam (kanan). Foto: FIN NEWSROOM

Polda Sultra dalam kendali Brigjen Pol Merdisyam berkomitmen akan mengamankan aksi unjuk rasa secara humanis. Untuk penanganan demonstrasi, Brigjen Pol Merdisyam mengatakan bahwa Polda akan mengamankan demonstrasi sesuai undang-undang. Namun, jangan sampai menganggu ketertiban. ”Nah, yang akan dilakukan untuk mencapai itu adalah menyalurkan harapan dan tuntutan dari peserta demonstrasi,” ujarnya usai pelantikan, kemarin.

Tentu sesuai instruksi kapolri, dalam pengamanan itu petugas tidak akan dibekali senjata api. Tidak pula boleh membawa peluru karet dan tajam. ”Semoga demonstrasi selanjutnya bisa berlangsung dengan baik,” urainya.

Mengawali tugasnya di Sultra, Kapolda Sultra Brigjen Merdisyam menuturkan, untuk langkah awal akan berkoordinasi dengan tim yang telah dibentuk Polri dalam kasus penembakan mahasiswa. ”Tim ini kan dikendalikan Polri, sudah sampai penyelidikan,” jelasnya.

Namun, yang paling penting dalam kasus tersebut adalah mengungkap kasus secara terbuka. Sehingga, masyarakat akan mengetahui seutuhnya kejadian tersebut. ”Lalu, Polda akan berupaya mengembalikan situasi,” terang Brigjen Pol Merdisyam.

Jauh dari titik sertijab di Ibu Kota Jakarta, mahasiswa dari berbagai elemen menggelar aksi unjuk rasa di dua titik berbeda di Kota Kendari, siang kemarin. Massa yang aksi di Mapolda Sultra dan Kanwil Kemenkumham Sultra kompak satu suara. Mereka menuntut kematian Randi dan Yusuf dalam aksi unjuk rasa Kamis (26/9) diusut tuntas, independen dan transparan.

Mahasiswa yang juga kader Muhammadiyah menggelar aksi di Mapolda Sultra. Sedangkan ratusan mahasiswa dari Aliansi Mahasiswa Teknik se-Sultra dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kendari menyuarakan aspirasinya di kantor Ombudsman Sultra, dan Kanwil Kemenkumham Sultra.

Laman: 1 2 3 4

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy