Januari Hingga Oktober 2019, Polda Sultra Amankan 17 Kilogram Sabu – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Januari Hingga Oktober 2019, Polda Sultra Amankan 17 Kilogram Sabu

KENDARIPO.CO.ID — Peredaran narkoba jenis sabu di Sultra sangat tinggi. Indikatornya, tangkapan sabu oleh Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sultra mencapai angka kilogram. Jumlah itu tidak bisa dikatakan sedikit. Sebab, hanya dari satu tersangka yakni HI (41), seorang ibu rumah tangga yang ketahuan membawa 1,13 kilogram atau setara 1.013 gram sabu, September lalu. Nah, Ditresnarkoba Polda Sultra memusnahkan sabu seberat 1.013 gram, Kamis (10/10). Jika dikonversi ke rupiah, sabu yang dimusnahkan sekira Rp.1.823.400.000.

Asumsinya, jika harga sabu dijual Rp.1,8 juta per gram lalu dikalikan 1.013 gram yang dimusnahkan maka nilainya sekira Rp.1.823.400.000. Informasi yang dihimpun bahwa harga sabu bervariasi, tergantung ukuran berat. Namun secara umum bermain diangka Rp.1,6 juta hingga Rp.1,8 juta per gram.

Direktur Ditresnarkoba Polda Sultra, Kombes Pol Satria Adhy Permana memimpin pemusnahan sabu. Menurutnya, peredaran dan penyalahgunaan narkoba saat ini sangat banyak dan kompleks. Bandar tak hanya memanfaatkan jasa kurir laki-laki, kaum hawa pun dijadikan kurir. Faktanya dalam beberapa kasus, polisi berhasil menangkap kurir sabu dari kalangan wanita. Dalam pemusnahan sabu, polisi menghadirkan tersangka HI dan ER, pria yang diduga membantu transaksi keuangan jaringan narkoba. Rekening ER dijadikan tempat penampungan duit hasil penjuaran narkoba. “Komitmen kami memberantas narkoba tak pernah surut. Pemusnahan barang bukti sabu ini untuk memberikan efek jera terhadap bandar dan pengedar. Selain itu memiskinkan mereka dengan penerapan tindak pidana pencucian uang,” ujarnya Kombes Pol Satria Adhy Permana.

Polda Sultra akan menggandeng seluruh pihak termasuk pihak perbankan dan ototitas jasa keuangan (OJK) untuk memiskinkan bandar dan pengedar sabu. “Ke depan tidak hanya tindak pidana narkoba saja yang akan kita kenakan kepada bandar dan pengedar, namun akan kita tambahkan dengan tindak pidana pencucian uang. Dengan begitu, seluruh aset yang dimiliki bandar dan pengedar bisa kita sita dan diserahkan ke negara,” ungkap Kombes Pol Satria Adhy Permana.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy