Jangan Malu Gunakan Bahasa Indonesia – Kendari Pos
Nasional

Jangan Malu Gunakan Bahasa Indonesia

Gufran Ali Ibrahim

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan, bahwa penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik masih banyak diabaikan.

Kepala Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra Kemendikbud Gufran Ali Ibrahim mengatakan, saat ini masih banyak ruang publik yang menuliskan bahasa negara menjadi bahasa nomor dua setelah bahasa Inggris.

“Semoga dengan munculnya Peraturan Presiden Nomor 63 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia bisa mengatasi pengabaian terhadap bahasa negara,” kata Gufran Senin (21/10).

Menurut Gufran, untuk komunikasi global, bahasa asing memang perlu ditulis. Namun, bahasa Indonesia harus tetap menjadi bahasa yang utama.

“Saat ini, masih ada yang tidak menerapkan hal tersebut di ruang publik. Jadi harus ditulis lebih dulu misalnya di bandara itu kalayang dulu baru skytrain,” ujarnya.

Gufran menuturkan, Indonesia sudah memiliki Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. Namun, setelah 10 tahun berlalu pengabaian terhadap Bahasa Indonesia masih terus terjadi.

“Memang, berbeda dengan bendera dan lambang negara, penggunaan bahasa tidak memiliki sanksi apabila tidak dipatuhi. Namun, dengan diturunkannya PP 57 dan Perpres 63, ini kan diutamakan,” tuturnya.

Gufran berharap, setelah ada Perpres ada lagi Instruksi Presiden (Inpres) agar peraturan mengenai penggunaan bahasa Indonesia lebih ketat. Terutama, pada kota-kota besar di Indonesia agar ruang publiknya mengutamakan bahasa Indonesia.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy