Jalur Kereta Api di Sultra Lewati Gunung dan Hutan, Sekarang Butuh Dukungan Pemda – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Jalur Kereta Api di Sultra Lewati Gunung dan Hutan, Sekarang Butuh Dukungan Pemda

KENDARIPOS.CO.ID — Pembangunan jaringan jalur Kereta Api Trans Sulawesi di Sulawsi Tenggara (Sultra) diproyeksi berjalan 2030 mendatang. Realisasi megaproyek itu membutuhkan dukungan pemerintah daerah (Pemda). Anggota Komisi V DPR RI, Ridwan Bae mengatakan pembangunan jaringan jalur rel Kereta Api di Sultra sudah memasuki pra fexibility study. Pembahasan tentang jalur-jalur yang akan dilalui kereta api. Misalnya, rencana melewati gunung, hutan yang sedang dibahas oleh pemerintah pusat bersama pemerintah daerah. Menurutnya, pembahasan tersebut merupakan wujud keseriusan pemerintah pusat untuk meningkatkan pembangunan dan pemerataan pembangunan.

“Nanti setelah tahap trase alias pembahasan jalur-jalur dilalui tersebut, maka tahap selanjutnya pasti akan berbicara pembebasan lahan. Meski tahap trase juga memerlukan waktu yang cukup panjang, prinsipnya pemerintah sudah menanggapi apa yang selama ini kita perjuangkan, Sultra juga butuh moda transportasi Kereta Api,” tuturnya saat ditemui di Kendari.

Ilustrasi Kereta Api

Dalam tahap pembebasan lahan, Politisi Golkar ini mengungkapkan, peranan pemerintah daerah sangat dibutuhkan. Itu sebagai bentuk dukungan percepatan pembangunan proyek. Teknis dan pembiayaan sudah diberikan pemerintah pusat. “Daerah harus memberikan kemudahan tunjukan rencana trese tersebut, dan bagaimana memudahkan pembebasan lahan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Sultra, Hado Hasina menuturkan dengan adanya Kereta Api akan menyempurnakan integrasi transportasi di Sultra. “Untuk itu, dalam rapat koordinasi, jalur yang akan dilewati Kerta Api nantinya harus terhubung dengan moda transportasi lain, seperti Bandara, Terminal dan Pelabuhan,” ujarnya. Ia mengatakan, pihaknya siap untuk membantu pemerintah pusat bersama bupati dan wali kota terkait dengan pembebasan lahan. (yog/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy