Jalur Kereta Api Bakal Dibangun di Sultra – Laman 2 – Kendari Pos
Nasional

Jalur Kereta Api Bakal Dibangun di Sultra

Rencana pemerintah ini dalam istilah Kemenhub adalah koridor enam di Trans Sulawesi yakni dari Palu-Poso-Malili sampai Kendari. Tetapi yang prioritas di RIPNas terbangun sebelum 2030 yakni Makassar-Pare-pare, Manado-Bitung dan Kendari-Kolaka. Tetapi kalau Kolaka-Malili nanti pada 2045. “Prioritas kami sebenarnya menyiapkan dokumen perencanaan teknis. Kesulitan utama di Sultra adalah kondisi lingkungan dan topografinya. Didominasi hutan lindung. Sementara jalur kereta api itu harus sedatar mungkin. Kondisi hutan lindung dan topografi berpengaruh pada mahalnya biaya konstruksi. Di sinilah pentingnya studi kelayakan, untuk menghitung kisaran biaya optimal dan nilai manfaat yang diberikan kepada masyarakat,”tandas Ikhsandy Wanto.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sultra, Hado Hasina mengatakan, pembangunan jalur kereta api di Sultra merupakan terobosan baru. Pra studi kelayakan membahas penyelenggaran kereta api lintas pelayanan Kendari-Konawe-Kolaka Timur-Kolaka dan Kolaka Utara-Malili, Kabupaten Luwu Provinsi Sulsel. “Dalam pembahasannya diupayakan bersinergi dengan simpul-simpul transportasi yang ada, baik bandara, terminal maupun pelabuhan. Jadi alternatif itu yang akan kita pilih dan diupayakan jangan melalui jalur kota,” ujar Hado Hasina dalam rakor, kemarin.

Menurut Hado Hasina, pra studi kelayakan telah rampung, maka akan ada tahapan-tahapan selanjutnya. “Dalam tahap pra studi kelayaka, kita belum tentukan rute mana yang akan dilalui. Tetapi akan kita optimalkan secepatnya. Intinya ruas jalur kereta api jangan melanggar,” tutup Hado Hasina. (rah/b)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy