Gali Budaya Lokal, Pemkab Kolut Gandeng para Mokole – Kendari Pos
Kolaka Utara

Gali Budaya Lokal, Pemkab Kolut Gandeng para Mokole

KENDARIPOS.CO.ID — Kepedulian Nur Rahman Umar-Abbas terhadap tradisi budaya lokal tak perlu diragukan. Untuk mengembalikan identitas budaya lokal yang sempat hilang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) berinisiatif menggalang para Mokole yang terhimpun dalam Patowonua. Dari situlah, para Mokole menyatukan persepsi menganalisasi simbol-simbol daerah. Mulai dari pakaian adat, rumah adat dan identitas lokal lainnya.

Upaya Pemkab Kolut akhirnya membuahkan hasil. Dari hasil rembuk, para Mokole sepakat mengenalkan motif baju dan rumah adat Kolut. Untuk menjaga kekayaan intelektual budaya daerah, Pemkab Kolut bahkan telah mengajukan hak atas motif baju daerah ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum-HAM). Selain itu, pemerintah tengah menggarap pembangunan rumah adat yang ditargetkan rampung tahun ini.

“Masyarakat sudah bisa berbangga. Saat ini, kita sudah memiliki motif pakaian adat tersendiri yang mencirikan asal daerah. Motif baju ini sudah kami daftarkan di kantor Menkumham untuk memperoleh atas hak kekayaan intelektual agar tidak bisa diklaim pihak lain,” kata Nur Rahman Umar, Bupati Kolut saar seminar adat Mokole yang berlangsung di Aula Islamic Centre Masjid Agung Lasusua kemarin.

Ia tidak menapik Kerajaan Luwu pernah mengekspansi wilayah itu hingga Wawotobi yang diikuti hilangnya secara perlahan identitas budaya lokal di masa pra sejarah. Namun dengan dukungan semua pihak, para tokoh lokal sedang berupaya mengembalikan hal itu sebagai nilai-nilai luhur sebagai perekat dan pemersatu antar sesama.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top