FPIK UHO Sukses Kembangkan Budidaya Ikan Nila – Kendari Pos
Edukasi

FPIK UHO Sukses Kembangkan Budidaya Ikan Nila

Wakil Rektor IV, Armid, M.Si., M.Sc., DSC, (kiri), Dekan FPIK UHO Kendari, Prof. Dr. H. Lasara (Tengah), Ketua Pelaksana Laode Abdul Rajab Nadia (kanan), saat melakukan panen perdana ikan nila larasati, Rabu (2/10) lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) patut berbangga, pasalnya Fakultas yang telah melahirkan ratusan alumni yang berkualitas dibidang perikanan dan ilmu kelautan tersebut, sukses melakukan budidaya Ikan Nila Organik Berbasis Teknologi Aquaponik Modern, dengan menghelat panen perdana Ikan Nila Larasati, di lokasi kolam ikan FPIK UHO, Rabu (2/10) lalu.

Panen perdana ini merupakan hasil dari Program Pengabdian Kepada Masyarakat Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus (PPUPIK) yang dibiayai oleh Kementrian Riset Pendidikan dan Teknologi (Kemenristekdikti) yang diketuai langsung oleh Laode Abdul Rajab Nadia, S.Pi.,M.Sc., beranggotakan Laode Muhammad Hazairin Nadia, S.Pi.,M.Si., dan Rosmawati, S.Pi.,M.Si.

Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Pengembangan, dan Kerjasama UHO Kendari, Armid, M.Si.,M.Sc.,DSC., mengapreasi FPIK atas keberhasilan budidaya ikan nila larasati tersebut. “Ini menjadi peluang yang sangat besar bagi FKIP, sebab, budidaya ikan ini sangat cepat perkembanganya. Sehingga ini bisa menjadi peluang usaha bagi seluruh stakeholder FKIP sebagai penyuplai ikan nila di Sultra,” ujarnya kepada Kendari Pos.

Untuk itu, Armid mendorong FPIK untuk hadir di tengah masyarakat, guna meningkatkan kebutuhan protein masyarakat Sultra. “Pangsa pasar ikan nila larasati sangat besar, sehingga universitas akan membantu proses pengelolaan budidaya ikan nila larasati ini agar bisa lebih besar lagi cakupan pasarnya,” katanya.

Dekan FPIK UHO Kendari, Prof. H. Lasara M.Si.,Ph.D mengungkapkan, panen perdana ini merupakan hasil rekayasa melalui proses perkawinan antara ikan Nila yang satu dengan ikan nila lainya sehingga menghasilkan bibit ikan yang unggul. “Bibit ikan nila larasati ini, baru kita tebar tiga bulan lalu, dan Alhmadulillah, setelah tiga bulan lamanya, ikan ini sudah bisa kita panen,” ujarnya saat diwawancarai usai panen perdana di kolam Ikan FPIK.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy