Festival Keraton Kesultanan, Pemkot Baubau Tampilkan Empat Tradisi Tua – Kendari Pos
Bau-bau

Festival Keraton Kesultanan, Pemkot Baubau Tampilkan Empat Tradisi Tua

Meita Indriana

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai daerah eks Kesultanan Buton, Kota Baubau memiliki kekayaan budaya dan tradisi yang masih terpelihara dengan baik. Tak heran, tradisi Buton mendapat perhatian pemerintah pusat. Bahkan memberi panggung tradisi dan budaya Buton tampil di event Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Event yang menjadi kalender Kemenpar ini dikemas dalam bentuk Festival Keraton Kesultanan Buton (FKKB).

“FKKB akan dilaksanakan mulai 12 hingga 17 Oktober 2019. Dalam rangkaian kegiatanya ada empat tradisi budaya yang akan gelar. Yaitu, Tuturangiana Andala, tradisi Batupoaro, Santiago dan tradisi Bubusiana lipu,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Dinas Pariwisata Kota Baubau, Meita Indriana saat ditemui di ruang kerjanya kemarin.

Selain itu lanjut dia, akan ada karnaval tenun kreasi. Di mana ratusan orang akan mengenakan pakaian kain tenun Buton yang telah didesain sesuai kretifitas masing-masing. “Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) guru dan siswa-siswi SMP dan SMA kita libatkan. Semua akan berpakaian tenunan Buton. Pada hari Kamis (17/10) bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun Kota Baubau akan dilaksanakan kandekandea,” ucapnya.

Sejauh ini, sejumlah persiapan telah dilakukan. Termasuk melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk persiapan pembukaan nanti. “Pada dasarnya semua sudah siap. Seperti biasanya, yang buka kegiatan adalah Walikota Baubau (AS Tamrin,red). Tapi kita juga sudah bersurat ke Kemetrian Pariwisata,” pungkasnya. (c/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top