FBT Buton Prioritas Masuk Kalender Nasional – Kendari Pos
Nasional

FBT Buton Prioritas Masuk Kalender Nasional

Festival Budaya Tua (FBT) Buton sedang diperjuangkan masuk dalam kalender event nasional. Bupati Buton La Bakry (tengah) menabuh drum menandai pembukaan Festival Budaya Tua pada medio Agustus lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Festival Budaya Tua Buton (FBTB)
diusul masuk dalam kalender event wisata nasional di
Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Dinas Pariwisata (Dispar) Buton dan Dispar Provinsi Sultra sudah presentasi di Kemenpar.

Kepala Dispar Buton, Zainuddin Napa sempat gusar dan mengklaim festival itu gagal masuk kalender nasional. Tapi Plt.Kepala Dispar Provinsi Sultra, Gede Panca punya jawaban bahwa belum ada kesimpulan. Menurut Gede Panca, Festival Budaya Tua Buton (FBTB) tidak gagal masuk 100 event wondefull Indonesia. Hanya saja, belum ada kesimpulan terkait event mana saja yang lolos. Sebab tim kurator masih melakukan verifikasi.

FBT Buton dan Festival Keraton Baubau tetap menjadi prioritas. Data-data kunjungan wisatawan mancanegara dan dukungan Pemkab setempat menjadi modal besar untuk masuk kalender event nasional. “Hanya misskomunikasi saja. Kemungkinan masuk (dalam kalender nasional). Kita sudah bisa meyakinkan kurator. Festival itu diprioritaskan, tinggal kita tindaklanjut lagi,” kata Gede Panca, Senin (7/10).

Bagi Gede Panca, reaksi Pemkab Buton dengan belum adanya keputusan dalam pertemuan di Jakarta beberapa hari lalu adalah bentuk semangat luar biasa untuk mendorong FBT Buton itu. “Kami juga di provinsi mendukung itu. Sekali lagi, itu diprioritaskan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Dispar Buton, Zainuddin Napa mengatakan, FBT Buton sangat memenuhi unsur dan layak masuk kalender event nasional itu. Mulai dari pengunjung yang mencapai puluhan ribu, partisipasi masyarakat hingga hal lain yang menjadi nilai tambah. “Persiapan kami sangat matang. Selain video-video pelaksanaan festival, ada pula testimoni wisatawan asing,” ujarnya kepada Kendari Pos, kemarin.

Zainuddin Napa meminta perhatian Gubernur Sultra, Ali Mazi atas perkembangan wisata di kabupaten dan kota di Sultra. Khusus Kabupaten Buton, sudah 7 tahun sukses menggelar FBT Buton. Festival itu tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan mancanegara. “Bahkan kita sudah meraih rekor Muri. Dapat penghargaan pula di mana-mana,” tegasnya.

Untuk diketahui bahwa FBT Buton ini digelar untuk mengenalkan pada dunia proses kehidupan manusia Buton yang telah diwariskan secara turun temurun. Filosofi dari proses masih dalam kandungan hingga meninggal dunia ditampilkan. Tujuannya agar generasi Buton tetap memiliki identitas tersendiri dan bangga menjadi orang Buton. Misalnya, imunisasi (pedole-dole), sunatan (tandaki), pingitan (posuo), makan bersama dan kolaborasi beberapa tari tradisional yang bisa di festivalkan untuk dapat menarik kunjungan. (mel/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top