Entaskan Pengangguran, BLK Kendari Cetak Generasi Terampil – Kendari Pos
Metro Kendari

Entaskan Pengangguran, BLK Kendari Cetak Generasi Terampil

KENDARIPOS.CO.ID — Angka pengangguran di Sultra yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Februari 2019 sebanyak 38.392 orang. Jumlah itu mengalami peningkatan sekitar 2.498 orang atau 6,96 persen dibanding tahun 2018 lalu yang hanya 1.172 orang. Pemerintah terus berupaya mengurangi angka penangguran. Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari Kementerian Ketenagakerjaan menggelar pelatihan berbasis kompetensi institusional dan non institusional.

Tujuannya mencetak generasi yang memiliki kompetensi dan keterampilan sehingga menekan angka pengangguran di Sultra. Kepala BLK Kendari, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), H. La Ode Polondu mengatakan lembaganya berencana untuk menggelar pelatihan ini di seluruh kabupaten/kota se-Sultra. Menurutnya, ada permasalahan yang harus dituntaskan untuk menekan angka pengangguran. Persoalan itu adalah lapangan kerja tidak tumbuh bersama dengan jumlah pencari kerja.

“Ketersediaan lapangan kerja (demand) dan jumlah tenaga kerja (supply) tidak seimbang. Dan ini nantinya, akan berakibat pada terjadinya pengangguran yang pada gilirannya akan membawa dampak pada pembangunan sosial-ekonomi,” terangnya. Menciptakan lapangan kerja dan wirausahawan menjadi salah satu strategi guna menekan angka kemiskinan dan pengangguran. Namun, hal itu juga mengalami kendala yakni ketidak mampuan atau kurangnya kompetensi dan keterampilan (skill) para pencari kerja.

Ia berharap pemerintah setempat khusunya Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja, dapat melanjutkan program yang sudah berjalan sejak beberapa tahun terakhir yang secara pro aktif. “Bantuan peralatan kepada para alumni peserta pelatihan kiranya dapat menjadi perhatian,” pungkasnya. (yog/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy