Dukung Produktivitas, Pemda Koltim Kembangkan Inseminasi Buatan – Kendari Pos
Kolaka Timur

Dukung Produktivitas, Pemda Koltim Kembangkan Inseminasi Buatan

Lasky Paemba

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk mendukung Produktivitas ternak, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) mengembangkan inseminasi buatan. Jenis ternak yang dikembangkan yaitu sapi bali, sapi limosin, brahman, sapi onggol, sapi simental dan sapi anggus. Upaya ini tidak hanya meningkatkan produksi, namun menjaga kestabilan ternak di Koltim.

“Dengan adanya inseminasi buatan, Pemda bisa membantu masyarakat dalam meningkatkan Produktivitas dan menjaga kesehatan genetik ternak” ujar Lasky Paemba Kepala Dinas Tanaman dan Peternakan Koltim saat dikonfirmasi Kendari Pos, Selasa (1/10).

Program inseminasi buatan kata dia, bisa mencegah perkawinan sedarah hewan ternak. Pasalnya, ternak yang kawin sedarah dapat menyebabkan penurunan kualitas hewan ternak seperti hewan menjadi kerdil atau kecil. Dengan pelaksanaan program ini, Pemda bisa menjaga Produktivitas hewan ternak.

“Kalau ternak yang dihasilkan lewar inseminasi buatan akan lebih besar dan lebih cepat pertumbuhannya. Umur lima bulan, suda sama dengan sapi lokal. Secara otomatis, petani lebih cepat menjual haewan ternaknya,” jelasnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top