Dugaan Korupsi Desa Fiktif di Konawe : 60 Saksi Diperiksa, Belum Ada Tersangka – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Dugaan Korupsi Desa Fiktif di Konawe : 60 Saksi Diperiksa, Belum Ada Tersangka

KENDARIPOS.CO.ID — Penyidik Subdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda Sultra masih mendalami kasus dugaan korupsi desa fiktif di Kabupaten Konawe. Sebanyak 60 orang yang dianggap punya pengetahuan kasus itu telah diperiksa. Meski begitu, Polda belum menentukan calon tersangka dengan alasan masih menunggu hasil audit BPKP Sultra.

Kabid Humas Polda Sultra, AKBP Harry Goldenhadt mengatakan, dalam kasus yang ditangani ini, pihaknnya telah melihat tindak pidana. Setidaknya, 23 desa di Konawe yang diduga fiktif dan diduga melanggar aturan saat pembentukan. “23 Desa inilah yang dianggap menerima duit dari Anggaran Dana Desa selama terbentuk. Penyidik bakal menentukan tersangka dalam kasus ini, setelah adanya audit. Kita akan gelar perkara penentuan tersangka,” katanya.

Golden menambahkan, penentuan tersangka dapat saja dilakukan secepatnya, jika BPKP telah mengirim hasil auditnya. Jika ditemukan kerugian negara dalam kasus ini, maka hal itu menjadi dasar polisi untuk menentukan siapa bertanggungjawab dalam kasus tersebut. Menurut Golden, penyidik juga terus bekerjasama dengan KPK dan Mabes Polri, dalam menghitung kerugian negaranya. “Karena perkara ini menjadi atensi. Kita tunggu audit dulu,”ujarnya. (ade/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy