Dua Tahun, Dishub Sultra Bangun 14 Terminal – Kendari Pos
Metro Kendari

Dua Tahun, Dishub Sultra Bangun 14 Terminal

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Tenggra (Sultra) terus melakukan optimalisasi terhadap simpul-simpul transportasi dengan membangun terminal penumpang. Tercatat empat terminal tipe B mulai beroperasi, Terminal Baruga Kota Kendari, Baubau, Kabupaten Kolaka dan Buton Tengah (Buteng).

Kepala Dishub Sultra, Hado Hasina mengatakan pembangunan terminal dilakukan sekaligus di semua kabupaten. Itu lantaran semangatnya bangun terminal. Upaya ini didukung Gubernur Ali Mazi. Menurutnya, terminal tipe B harus ada di setiap kabupaten/kota di Sultra. Sebanyak 10 terminal telah dibangun di berbagai wilayah, kemungkinan tahun 2020 mulai dimanfaatkan.

“Dalam jangka waktu dua tahun kita bisa bangun 14 terminal tipe B. Insya Allah tahun 2020, kita bangun terminal di Konawe Selatan dan Kolaka Utara, minimal tempat parkir sudah ada,” bebernya. Katanya, daerah yang belum memiliki terminal tipe B yakni Kabupaten Wakatobi dan Bombana. Namun untuk Bombana baru dibuatkan SK penetapanya tetapi usulan bupati sudah ada. Sementara Wakatobi, pembangunan terminal segera dilakukan di area Numana.

“Untuk Wakatobi, karena terintegrasi dengan pariwisata maka akan dibuat dengan nama terminal tipe B terintegrasi pariwisata. Setiap daerah akan kita bangun terminal hanya dalam jangka dua tahun, ini semua berkat komitmen gubernur. Kita membangun, walaupun minim anggaran. Beberapa terminal kita bangun di tanah masyarakat, dengan catatan masyarakat menginginkan pola bagi hasil,” ujarnya. Menurut mantan sekda Buton Utara itu, simpul transportasi adalah penyangga utama pertumbuhan ekonomi. Sehingga ia yakin jika seluruh terminal tuntas maka arus orang, barang dan jasa di Sultra semakin lancar. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy