DPT Pilkada 2020 Berbasis KTP-el – Kendari Pos
Politik

DPT Pilkada 2020 Berbasis KTP-el

Muh. Nato Alhaq

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) mewacanakan wajibnya penggunaan KTP-el bagi daftar pemilih pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 nanti. Hal itu diungkapkan Koordinator Divisi Program dan Data KPU Sulawesi Tenggara (Sultra), Muh. Nato Alhaq. Ia menuturkan, saat ini KPU masih menyusun draf revisi terhadap Peraturan KPU (PKPU) nomor 2 tahun 2017 tentang pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta wali kota dan wakil wali kota.

“KPU masih melakukan finalisasi terkait syarat pemilih, khususnya KTP-el. Rancangan yang ada saat ini untuk sementara bahwa, KTP-el satu-satunya instrumen yang bisa digunakan pemilih di TPS nanti. Kemungkinan, surat keterangan (Suket) tidak akan digunakan lagi,” ujar Nato saat ditemui dalam acara pelantikan anggota DPRD Sultra periode 2019-2020, Senin (7/10). Lanjut dia, jikapun Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) masih memberikan ruang untuk Suket, maka yang dimaksud adalah mereka yang sudah melakukan perekaman. Dalam hal ini surat keterangan bahwa yang bersangkutan telah melakukan perekaman KTP-el.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top