DKP Kolut Akan Salurkan 13 Perahu, Lengkap Peralatan Tangkap dan Navigasi – Kendari Pos
Kolaka Utara

DKP Kolut Akan Salurkan 13 Perahu, Lengkap Peralatan Tangkap dan Navigasi

KENDARIPOSCO.ID — Untuk meningkatkan produksi ikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) mengalokasikan anggaran pembuatan perahu. Tahun ini, sebanyak 13 unit perahu berkapasitas dua Gross Tonage (GT). Jenis perahu yang dibuat berbahan dasar kayu dan fiber. Ditargetkan, perahu rampung akhir tahun ini. Tidak hanya perahu, Pemkab melalui Dinas Perikanan dan Kelauatan (DKP) Kolut turut menyalurkan peralatan tangkap.

Kabid Pengembangan Penangkapan Ikan, Nelayan Kecil dan PPI DPK Kolut, Askar mengatakan sedang menggarap pembuatan 13 unit perahu bantuan untuk kelompok nelayan. Armada ini ditarget rampung secepatnya dan rencana akan disalurkan akhir tahun ini. Untuk perahu yang berbahan dasar kayu sebanyak delapan unit. Sementara lima unit lainnya berbahan dasar fiber. “Perahu yang dibuat berkapasitas dua GT. Nantinya akan dilengkapi dengan alat tangkap dan alat bantu penangkapan,” ujarnya, Senin (21/10/2019).

Nelayan Desa Pitulua Kecamatan Lasusua membuat perahu tradisional berbahan kayu. Dinas Perikanan bakal menyalurkan delapan unit perahu kayu akhir tahun ini.

Perahu bahan fiber, masih dalam proses pengerjaan. Di luar dari kelengkapan perahu tersebut secara terpisah juga disiapkan gillnets (jaring angkat) sepuluh unit berukuran dua inci, pukat juang dua unit dan sebuah rompon. Dana pembuatan viber untuk lima paket bernilai Rp. 222,5 juta dan delapan perahu kayu Rp. 328 juta. “Khusus alat penangkapan ikan termasuk pengadaan pancing rawa dasar delapan unit senilai Rp. 28,5 juta, gilnet dua inci sebanyak 20 unit seharga Rp. 107 juta dan gilnet cakalang 15 unit bernilai Rp. 20 juta,” rinci Askar.

Perahu bantuan nelayan kata dia, turut dilengkapi fish finder atau alat bantu navigasi ini bekerja berdasarkan pemancaran gelombang bunyi untuk mendeteksi kedalaman perairan dan obyek dalam perairan arah vertikal. Nelayan akan lebih terbantu mencari titik-titik berkumpulnya ikan untuk mendorong hasil produksi. “Alat fish finder disiapkan sebanyak lima unit seharga Rp. 27,5 juta. Selain itu, cool boks juga ada sebanyak lima unit bernilai Rp. 12,5 juta dan jaket pelampung 10 buah Rp. 7,5 juta. Semua sudah disalurkan terkecuali perahu. Penerima diharap amanah menjaga dan merawat dan jangan dijual,” tutupnya. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top