Diterjang Ombak, Talud di Sejumlah Kecamatan di Buteng Jebol – Kendari Pos
Buton Tengah

Diterjang Ombak, Talud di Sejumlah Kecamatan di Buteng Jebol

Ketua Tim verifikasi BNPB, tono Sumarsono (topi biru) bersama Kabid Penanganan Darurat dan Logistik BPBD Buteng, Sahar Ibnu Isnain (empat dari kiri), Camat Lakudo, Usman (dua dari kiri), saat meninjau lokasi pantai berdampak gelombang tinggi atau abrasi, Selasa (29/10).

KENDARIPOS.CO.ID — Gelombang tinggi di wilayah pesisir pantai di Buton Tengah (Buteng) menyebabkan talud penahan ombak mengalami kerusakan. Di beberapa desa di Kecamatan Lakudo, kondisi tanggul telah jebol. Cuaca ektrim ini ternyata masuk dalam pantauan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Selasa (29/10), BNPB mengirim tim meninjau talud yang rusak diterjang ombak.

Kasubdit Inventarisasi Kerusakan Deputi Bidang Rehabilitasi dan Kontruksi BNPB, Tono Sumarsono mengatakan akan melakukan verifikasi dan inventarisir potensi dan kerusakan yang terjadi. Dengan begitu, pihaknya bisa memastikan poin yang menjadi kebutuhan Pemda.

Dalam mengumpulkan data, Tono Sumarsono, menyempatkan diri melihat langsung lokasi yang di pesisir pantai Kecamatan Lakudo salah satunya di Pantai Lakunda. Selain melihat langsung keadaan gelombang laut, ia juga mencatat langkah-langkah yang bisa meminimalisir jebolnya talud penahan ombak.

“Dengan melihat pengamatan di lapangan, tentunya akan menjadi bahan kajian kami di pusat. Nantinya, kami akan evaluasi sekaligus mencarikam solusi tepatnya,” ujar Ketua Tim Verifikasi BNPB.

Menyangkut usulan kegiatan rehabilitasi dan kontruksi pasca bencana gelombang ekstrim dari BPBD lanjut Tono, patut dipertimbangkan. Hanya saja, ia belum bisa memastikan. Pasalnya, masih akan dibahas. “Iya, mudah-mudahan disetujui. Nanti setelah peninjauan di tiga kecamatan di buteng, kami akan bahas secepatnya,” ujarnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top