Demokrasi Bukan untuk Bagi-bagi Jabatan! – Kendari Pos
Nasional

Demokrasi Bukan untuk Bagi-bagi Jabatan!

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Pengamat politik Ujang Komarudin menyindir pelantikan belasan wakil menteri atau wamen di kabinet Jokowi. Ujang menilai, pelantikan belasan wamen itu terkesan mengakomodir kepentingan pendukung Jokowi-Ma’ruf saat Pilpres 2019. “Sebab, untuk mengakomodir kepentingan partai-partai pendukungnya yang belum dapat jabatan,” ungkap Ujang saat dihubungi awak media, Minggu (27/10).

Menurut Ujang, posisi wamen memang dibutuhkan di beberapa kementerian. Seperti di Kemenkeu, Kementerian ESDM, Kemenkumham, dan Kemendikbud. Namun, lanjut Ujang, di saat jumlah wamen mencapai belasan, hal itu demi menyenangkan pendukung agar tidak ada yang kecewa. “Ini tidak bagus bagi demokrasi. Sebab, demokrasi bukan untuk bagi-bagi jabatan,” tegasnya. Sebelumnya Presiden Jokowi mengumumkan 12 Wamen untuk Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jumat siang (25/10) kemarin.

Dari 12 nama itu, muncul nama Direktur Utama Mining Industry Indonesia (MIND ID) Budi Gunadi Sadikin atau BGS, Mantan Bendahara Umum Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Wahyu Trenggono, dan Politikus PPP Zainut Tauhid.

Pemerhati politik Said Salahudin menilai, tidak ada aturan yang membatasi Presiden Jokowi mengangkat wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju. Sekalipun jumlahnya kini melonjak hingga 12 orang, Presiden Jokowi masih boleh menambah jumlah wakil menteri sebanyak yang diinginkan. “Harus diingat, salah satu yang membedakan jabatan menteri dan wakil menteri adalah dalam soal jumlah pejabat yang diperbolehkan untuk menduduki jabatan tersebut,” ujar Said di Jakarta, Minggu (27/10).

Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) ini kemudian merujuk Pasal 15 Undang-Undang Nomor 39/2008 Tentang Kementerian Negara. Dalam pasal tersebut diatur, presiden hanya diperbolehkan membentuk paling banyak 34 kementerian. Artinya, hanya ada 34 menteri yang boleh diangkat oleh presiden. Sebab, setiap kementerian hanya boleh dijabat oleh satu orang menteri.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy