Bola Panas Sekprov Sultra : Kocok Ulang atau Kirim Tiga Nama, Tergantung Gubernur – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Bola Panas Sekprov Sultra : Kocok Ulang atau Kirim Tiga Nama, Tergantung Gubernur

KENDARIPOS.CO.ID — Polemik Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra hasil seleksi masih berkecamuk. Belum ada sikap dari Pemprov Sultra usai pertemuan dengan KASN dan Kemendagri di Jakarta, Kamis (10/10) lalu. Pj.Sekprov Sultra, La Ode Mustari masih menunggu Gubernur Sultra, Ali Mazi kembali dari kunjungan kerja di Amerika Serikat untuk melaporkan hasil pertemuan tersebut. KASN pun mengembalikan semua keputusan kepada pucuk pimpinan di Pemprov Sultra. Komisioner KASN Tasdik Kinanto mengatakan tugas KASN telah selesai pada saat pansel menelurkan tiga nama terbaik, Nur Endang Abbas, Rony Yakob dan Syafruddin.”Sampai muncul tiga nama itu, tugas KASN telah selesai. Soal kocok ulang itu lain lagi urusannya,” ujarnya saat dihubungi Kendari Pos, Kamis (17/10).

Tiga keputusan dihasilkan dalam pertemuan Kamis lalu. Pertama, Gubernur Sultra Ali Mazi mengusulkan tiga nama terbaik hasil seleksi kepada Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) melalui Kemendagri. Kedua, Gubernur mengusulkan tiga nama disertai permohonan untuk melaksanakan seleksi terbuka ulang. Namun melampirkan alasan dan pertimbangan obyektif serta dapat dipertanggungjawabkan sesuai peraturan perundang-undangan.

Ketiga, apapun keputusan Presiden Jokowi, Gubernur Sultra Ali Mazi wajib tunduk dan menindaklanjutinya. “Jadi silakan usulkan seleksi ulang. Tapi jangan lupa alasan dan pertimbangan obyektif. Selanjutnya biarkan Presiden yang memutuskan. Apapun keputusan Presiden, harus diikuti,” tegas Tasdik. Kini, bola panas Sekprov Sultra berada di tangan Gubernur Sultra, Ali Mazi. Memilih satu dari tiga opsi yang diputuskan saat pertemuan dengan KASN dan Kemendagri. Dari pihak Pemprov, Pj.Sekprov Sultra, La Ode Mustari mengaku menunggu keputusan dari gubernur. “Jadi, yang dapat memutuskan soal ini adalah gubernur. Kita tunggu beliau pulang dari Amerika pada 19 Oktober (besok,red). Apakah kocok ulang atau kirim tiga nama, itu tergantung gubernur dan harus bersurat kepada Presiden,” ujar Mustari.

Kepala BKD Sultra itu tak ingin polemik seleksi Sekprov di Kalimantan Timur (Kaltim) terjadi di Sultra. “Kaltim itu, gubernurnya tidak mau juga. Kemendagri lalu ambil alih. Nah, saat ini sekda hasil seleksi tidak dipakai. Untuk itu, kita akan cari solusi terbaiknya,” jelas Mustari. Soal surat keputusan gubernur yang telah menunjuk satu nama sesuai surat tertanggal 5 Maret 2019, Mustari membenarkan. Namun dalam perjalanannya berubah. Itu fleksibel. “Psikologi manusia tidak bisa ditebak, saat kapan senang dan saat kapan tidak senang,” tutupnya. (yog/rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy