BLK Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi di Muna – Kendari Pos
Muna

BLK Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi di Muna

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Indonesia dalam kepemimpinan Presiden Jokowi terus melakukan peningkatan kualitas sumberdaya manusia (SDM). BLK selaku UPTD dari Kementerian Ketenagakerjaan terus melakukan pelatihan berbasis kompetensi (PBK) di masyarakat.Seperti yang diselenggarakan, Selasa (29/10) di Kabupaten Muna.

Bupati Muna, L.M.Rusman Emba ST, memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Kementerian Ketenagakerjaan RI. Khususnya BLK Kendari atas kerja sama yang baik dan sinergi program dengan Pemkab Muna. Menurut mantan Ketua DPRD Sultra ini, ke depan kerja sama baik yang telah terjalin harus ditingkatkan guna mewujudkan peningkatan SDM masyarakat Muna. “Khususnya tenaga kerja agar memiliki pengetahuan, ketrampilan, keahlian serta sikap prilaku yang baik.Sehingga pada akhirnya tujuan dari pelatihan ini yakni mewujudkan Angkatan Kerja yang kompeten dapat dicapai,” terangnya.

Foto bersama Bupati Muna LM Rusman Emba (baju merah)

Rusman juga berharap agar masyarakat sungguh – sungguh mengikuti kegiatan pelatihan ini, karena sangat besar bagi masyarakat.Yakni dalam rangka mempermudah dalam mendapatkan lapangan kerja di dunia usaha dan dunia industri. “Bahkan dapat berusaha secara mandiri dengan berbekal dari pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki,” katanya.

Sementara itu, Kepala BLK Kendari, Dr.La Ode H. Polondu M.Pd, dalam sambutannya mengatakan, di era globalisasi sekarang ini, persaingan bagi tenaga kerja Indonesia tidak hanya memperhitungkan peluang pasar kerja di dalam negeri. Namun persaingan juga dari SDM luar negeri. Kata dia, apabila kualitas tenaga kerja dalam negeri tidak dipersiapkan dengan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap kompeten, maka kesempatan kerja dalam negeri pun akan diisi oleh tenaga kerja asing.

“Dengan situasi seperti ini, SDM lokal dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas diri terutama profesionalisme dan kompetensi kerja,”ucap La Ode Polondu.

Foto bersama usai pengalungan bunga.

Mantan Pejabat di Kementerian Ketenagakerjaan RI ini menambahkan
saat ini sulit bisa maju tanpa dukungan pelatihan SDM yang baik, oleh karena itu pelatihan bukan lagi menjadi suatu alternatif tetapi menjadi prioritas. “Saya harap peserta pelatihan memanfaatkan waktu yang berharga ini untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan selama mengikuti PBK,” pungkasnya.

PBK ini dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Bupati Muna, L.M. Rusman Emba, ST. serta dihadiri oleh Pimpinan SKPD Kabupaten Muna, Camat Maligano, Para Kepala Desa di Kecamatan Maligano, dan tokoh – tokoh masyarakat Maligano. Ada 4 paket kejuruan yang dilatihkan yaitu Pelatihan Anyaman Paket II, las Karbid Paket XV, Instalasi Penerangan Paket V dan Komputer Operator Asisten Paket VIII. Kegiatan ini diselenggarakan oleh BLK Kendari di Kecamatan Maligano Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara, berlangsung selama satu bulan yang dibuka secara resmi pada tanggal 29 Oktober 2019.(adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top