BKN Matangkan Persiapan Rekrutmen CPNS – Kendari Pos
Nasional

BKN Matangkan Persiapan Rekrutmen CPNS

Ilustrasi


KENDARIPOS.CO.ID — Pekan keempat Oktober 2019, pemerintah akan mengumumkan pembukaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019. Namun untuk pendaftarannya akan dimulai pada November 2019. Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (Humas BKN) Mohammad Ridwan mengatakan tahun ini, total formasi yang akan dibuka mencapai 197.111.

Dari total tersebut, sebanyak 37.854 formasi untuk kementerian/lembaga (K/L), sementara sisanya, yaitu 159.257 formasi untuk pemerintah daerah. Meski demikian, Ridwan mengatakan angka tersebut belum final. “Namun angka-angka tersebut masih dalam tahap finalisasi,” kata Ridwan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/10).

Dijelaskan Ridwan, belum finalnya jumlah formasi tersebut dikarena ada beberapa faktor.
“Pertama, karena formasi kementerian dan/atau lembaga harus disesuaikan dengan skema kabinet yang baru pasca pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2019 mendatang,” jelasnya.

Yang kedua, kata Ridwan, ada beberapa proses dalam rekrutmen CPNS dengan jangka waktu tertentu yang sudah ditetapkan dan tidak mungkin dipersingkat. “Proses ini antara lain meliputi masa pengumuman selama 15 hari kalender, penyampaian persyaratan pelamaran secara daring selama 10 hari kalender dan sebagainya sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS,” terangnya.

Ketiga, Ridwan menyebut anggaran rekrutmen dan gaji CPNS 2019 pada sebagian Kementerian, Lembaga, dan Daerah (K/L/D) kemungkinan telah dialihkan untuk kegiatan lain yang lebih prioritas serta harus selesai dipertanggungjawabkan pada pertengahan Desember. Sehingga jika proses seleksi dipaksakan selesai tahun ini akan menimbulkan konsekuensi anggaran yang rumit.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy