BI Sultra Dorong Pengembangan Tenun Desa Masalili – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

BI Sultra Dorong Pengembangan Tenun Desa Masalili

Tampak model yang mengenakan pakaian berbahan kain tenun tradisional Desa Masalili dalam perhelatan Karya Kreatif Indonesia (KKI) Bank Indonesia yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan beberapa waktu yang lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Kegiatan menenun sudah menjadi tradisi yang dilakukan secara turun temurun bagi kaum perempuan di Desa Masalili, Kabupaten Muna. Sejarah yang ada dipadukan dengan perkembangan jaman membuat tenun Desa Masalili terus diminati oleh masyarakat di daerah itu. Bahkan kain tenun Masalili kini mulai populer di kalangan masyarakat Sultra.

Pemerintah Kabupaten Muna sendiri telah menetapkan Desa Masalili sebagai salah satu destinasi pariwisata kerajinan kain tenun melalui pengembangan program Kampung Tenun. Melihat potensi itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sultra bekerjasama dengan berbagai pihak terkait kerja sama untuk memberdayakan wanita Masalili untuk mengembangkan tenun Masalili sebagai kekuatan ekonomi lokal.

Kepala KPw BI Sultra, Suharman Tabrani mengungkapkan, pengembangan ini bertujuan agar tenun Masalili dapat memberi dampak dan manfaat yang lebih besar untuk masyarakat. Dengan pengembangan tenun Masalili diharapkan agar kearifan lokal dapat lebih dikenal dan diterima oleh masyarakat yang lebih luas sehingga keragaman budaya Sultra berupa tenun dapat menambah warna di level nasional maupun internasional.

“Sebagai langkah konkrit, pada bulan Oktober 2018 lalu, kami bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Muna, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Pariwisata serta Bank Sultra Cabang Raha telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) Local Economic Development – Pengembangan Tenun Masalili di Kabupaten Muna,” ungkapnya ungkapnya, Selasa (8/10).

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top