Belajar dari Jerman, Negara Kaya Tapi Tidak Sombong Oleh : Prof. Hanna – Kendari Pos
Kolom

Belajar dari Jerman, Negara Kaya Tapi Tidak Sombong Oleh : Prof. Hanna

Prof Hanna

KENDARIPOS.CO.ID — Saya tidak menyangka dapat mengunjungi Eropa ketiga kalinya dalam hidup saya. Setengah tidak percaya, ketika mendapat undangan menjadi pemakalah, saya klarifikasi ke pengundang, Konjen Hamburg. Setelah terkonfirmasi, saya bergegas siapkan makalah untuk workshop yang digelar Konjen Hamburg dan Ikatan Ahli dan Sarjana Jerman. 22 Oktober 2019 saya terbang ke Jerman.Saat menulis artikel ini, saya dalam perjalanan 8-9 jam dari Jakarta menuju Istanbul.

Jerman adalah sebuah negara industri terkemuka. Menjejak kaki di jerman, saya mengira warga negara ini hidup berfoya-foya, ternyata meleset. Masyarakatnya hidup tertib dan disiplin. Setidaknya itu amatan saya kala makan disebuah restoran di Hamburg. Sepasang anak muda sedang makan. Hanya ada 2 piring makanan dan 2 kaleng minuman di atas meja mereka. Dalam hati saya bergumam, apa hidangan yang begitu simple dapat disebut romantis dan apa si gadis akan meninggalkan si pemuda kikir tersebut?.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy