Baznas Kendari Salurkan Rp 227 Juta Dana Zakat – Kendari Pos
Metro Kendari

Baznas Kendari Salurkan Rp 227 Juta Dana Zakat

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Kendari mengumpulkan dana zakat sejak Juli hingga September senilai Rp 278 juta. Jumlah itu lebih besar dari tahun sebelumnya yang tak mencapai Rp 200 juta. Pemerintah Kota (Pemkot) menyalurkan dana zakatdari total saldo zakat Rp 428 juta.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain menyerahkan uang zakat itu secara simbolis kepada warga yang berhak menerima, Senin (21/10). Pada kesempatan itu, ia mengaku gembira karena jumlah zakat terkumpul mengalami peningkatan. Sebab tahun sebelumnya tidak sampai Rp 200 juta. Menurutnya, sifat amanah dan profesional pengelola zakat adalah salah satu faktor yang membuat jumlah zakat naik. “Zakat itu tergantung dari kepercayaan. Kalau amanah, maka penitip zakat, merasa tersampaikan,” ungkap politisi PKS itu. Selain itu, peningkatan kesadaran masyarakat untuk bayar zakat setelah dilakukan sosiliasasi tentang pengelolaan zakat.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain menyerahkan zakat secara simbolis kepada kaum dhuafa, imam masjid, guru baca tulis Al Quran, hafiz dan hafizah.

Kata dia, zakat akan membuat harta semakin berkah. Nikmat yang diberikan berkah, dan zakat tidak akan membuat miskin, malah makin semangat mencari rezeki. Ia berharap sosialisasi tidak hanya di pemkot saja, tapi juga di perusahaan swasta. Sementara itu, Ketua Harian Baznas Kendari, Alimuddin menjelaskan, peningkatan jumlah zakat terjadi setelah Baznas melakukan sosilasisai kepada OPD lingkup Pemkot

Kendari. Dana zakat itu disalurkan kepada sejumlah kalangan. Di antaranya, beasiswa hafiz dan hafizah sebanyak 60 orang, bantuan kepada 121 fakir miskin, pemberdayaan ekonomi modal usaha kepada 20 orang (lihat grafis, red). “Dana zakat juga digunakan untuk pemberdayaan ekonomi budidaya tanaman pangan lokal. Misalnya, memberdayakan masyarakat kurang mampu untuk usaha produksi kasuami. Mereka diberi modal Rp 25 juta,” bebernya. (hel/b)

Daftar Penerima Dana Zakat

-Beasiswa hafiz dan hafizah: 60 orang
-Fakir miskin : 121 orang
-Modal usaha: 20 orang
-Khitanan massal: 71 orang
-Imam masjid : 30 orang
-Guru baca tulis Al Quran: 30 orang
-Pemberdayaan budidaya tanam pangan lokal

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy