Bawaslu Mulai Petakan Kerawanan Pilkada 2020 – Kendari Pos
Politik

Bawaslu Mulai Petakan Kerawanan Pilkada 2020

Munsir Salam

KENDARIPOS.CO.ID — Tahun depan, sebanyak 270 daerah di Indonesia akan menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak. Di Sulawesi Tenggara (Sultra), tujuh kabupaten telah siap melaksanakan pesta demokrasi lima tahunan itu setelah ditandatanganinya Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) pada 1 Oktober 2019 lalu. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sultra pun tengah melakukan sejumlah persiapan untuk memaksimalkan pengawasan.

Koordinator Divisi Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Sultra, Munsir Salam, mengatakan, saat ini pihaknya sudah mulai melakukan pemetaan kerawanan Pilkada 2020. “Dalam setiap Pemilu maupun Pilkada, Bawaslu selalu mengeluarkan indeks kerawanan pemilu (IKP). Untuk Pilkada 2020, datanya masih disusun. Nanti secara resmi dilaunching oleh Bawaslu RI,” ujar Munsir, kemarin.

Pemetaan kerawanan tersebut, lanjut dia, sebagai langkah pencegahan untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran dalam Pilkada. Magister Administrasi Pembangunan Universitas Halu Oleo (UHO) ini menyebut, netralitas aparatur sipil negara (ASN) merupakan salah satu aspek kerawanan yang menjadi perhatian utama Bawaslu. Untuk itu, Bawaslu akan memaksimalkan upaya-upaya pencegahan. Karena keterlibatan ASN dalam kontestasi politik dapat menyebabkan bias dalam hasil Pilkada.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy