Asrun Lio : Guru Kurang, Kuota CPNS Nihil – Kendari Pos
Metro Kendari

Asrun Lio : Guru Kurang, Kuota CPNS Nihil

KENDARIPOS.CO.ID — Kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemprov Sultra yang dijatah 62, tidak ada formasi guru. Padahal Sultra masih sangat kekurangan tenaga pendidik SMA dan sederajat. Pemprov pun telah mengajukan permohonan penambahan 152 kuota penerimaan CPNS khusus formasi guru.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Sultra, Asrun Lio mengaku tak paham alasan pemerintah pusat tak memberikan kuota guru dalam seleksi CPNS tahun ini. Padahal, tahun-tahun sebelumnya, formasi guru selalu ada dan terbanyak. “Itu sudah keputusan pusat, jadi kita tidak bisa berkomentar banyak. Sebab, dari BKD Sultra telah mengusulkan. Namun keputusan akhirkan tetap dari pemerintah pusat,” jelasnya.

Pemprov telah mengatasi persoalan minimnya guru di Sultra dengan mengusulkan agar para guru kontrak dipertahankan. “Jadi guru kontrak kita yang sesuai SK Gubernur sebanyak 3.750. Hanya saat ini akan kita perhatikan seperti apa distribusinya. Dan kita pastikan bahwa tidak ada sekolah yang kekurangan guru,” ujar dosen UHO itu.

Asrun Lio

Dari total 3.750 guru kontrak, kata dia, sebagian menjadi PNS dan beberapa telah keluar. Mereka akan segera digantikan. Saat ini antrian banyak, jadi akan cepat terisi. Upaya ini dilakukan demi menutupi kekosongan guru. “Memang insentifnya kecil karena disesuaikan dengan kemampuan daerah, tetapi dengan SK Gubernur itu mereka bisa mendapatkan insentif lain yang diatur dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS),” sambung Asrun Lio.

Jumlah guru telah diatur di setiap sekolah. Sebab, mereka ada tunjangan sertifikasi yang diwajibkan mengajar seminggu 24 jam. Jika kurang dari itu sertifikasinya tidak bisa cair. Tetapi untuk guru kejuruan di SMK masih sangat kurang. “Jadi banyak yang kita sekolahkan untuk pengembangan profesi, karena ada yang mengajar tidak sesuai bidangnya. Pengembangan profesi itu, untuk keterampilan khusus sehingga bisa tetap mengajar,”kata Asrun lio. Ia berharap ada kebijakan baru dari pemerintah terkait penerimaan CPNS untuk tenaga pendidikan tahun ini. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy