ASN Dilarang Beri Dukungan KTP Ke Calon Independen – Kendari Pos
Politik

ASN Dilarang Beri Dukungan KTP Ke Calon Independen

Ilustrasi ASN

KENDARIPOS.CO.ID — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Abdul Natsir Muthalib, mengingatkan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak memberikan dukungan kartu tanda penduduk (KTP) pada bakal calon (balon) yang akan maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020 mendatang. Selain ASN, larangan itu juga berlaku untuk anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), penyelenggara Pemilu, serta kepala desa dan perangkatnya. Aturan itu tertuang dalam pasal 95 Peraturan KPU (PKPU) nomor 3 tahun 2017 tentang pencalonan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau wali kota serta wakil wali kota.

“Larangan dukungan KTP ini untuk menjaga netralitas mereka sebagai penyelenggara negara,” ujar Abdul Natsir, Senin (14/10). Lanjut dia, apabila dari hasil penelitian administrasi atau penelitian faktual, terbukti pasangan balon independen menggunakan KTP dari unsur-unsur tersebut, maka dukungan langsung dicoret saat verifikasi faktual. “Panitia Pemungutan Suara (PPS) nanti akan kita bekali, sehingga verifikasi benar-benar sesuai aturan,” ujarnya. Natsir berharap para bakal calon benar-benar melakukan filter saat mengumpulkan dukungan. Pemerintah daerah (Pemda) juga harus memberikan imbauan serta peringatan agar ASN tidak terlibat dalam politik praktis.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy