APBD Kendari Ditetapkan Rp 1,5 Triliun, 2020 Prioritas Infrastruktur – Kendari Pos
Metro Kendari

APBD Kendari Ditetapkan Rp 1,5 Triliun, 2020 Prioritas Infrastruktur

KENDARIPOS.CO.ID — Prasarana di Kota Kendari terus dibenahi. Wali Kota Kendari menetapkan APBD 2020 senilai Rp 1,5 triliun. Dalam APBD itu Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari memprioritaskan pembangunan infrastruktur dan peningkatan sumber daya manusia (SDM). Rencana tersebut telah diselaraskan dalam rencana kerja permerintah daerah (RKPD) provinsi.

Sekretaris Kota Kendari Nahwa Umar mengatakan sesuai dengan visi Kota Kendari, pada 2020 mendatang, pemerintah fokus meningkatan SDM dan pembangunan infrastruktur, serta mendorong pelayanan berbasis informasi dan teknologi. Hal yang paling urgen menurut Nahwa adalah untuk mengatasi masalah mendasar, yakni peningkatan pelayanan berbasis informasi teknologi, pembangunan SDM, peningkatan dan pembangunan infrastruktur, penanggulangan banjir, serta penataan lingkungan perumahan dan kawasan pemukiman.

“Untuk merealisasikan prioritas pembangunan daerah tersebut, kebijakan umum yang akan ditempuh adalah kebijakan pendapatan daerah, belanja daerah, dan pembiayaan daerah. Sehingga apa yang direncanakan bisa terealisasi,” terangnya. Menurutnya, APBD tahun 2020 telah mengakomodir pengalokasian belanja yang dipersyaratkan peraturan perundang-undangan.

Misalnya, kegiatan pembangunan sarana dan prasarana, serta pemberdayaan masyarakat di kelurahan sebesar 5 persen, alokasi pembelanjaan pendidikan di atas 20 persen, alokasi belanja kesehatan lebih dari 10 persen, penguatan fungsi pengawas internal pemerintah (APIP) 0,75 persen, serta peningkatan SDM sebesar 0,16 persen.

Sebelumnya, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir telah menetapkan APBD Kendari 2020 sebesar Rp1,5 triliun, yang tercantum dalam dokumen Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS). Dokumen tersebut telah diserahkan kepada DPRD Kota Kendari untuk dibahas dan disetujui lebih lanjut. (hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy