Anggaran Afirmasi Dongkrak Pembangunan Infrastruktur di Konkep – Kendari Pos
Konawe Kepulauan

Anggaran Afirmasi Dongkrak Pembangunan Infrastruktur di Konkep

Bupati Konkep, Amrullah (kiri) saat meninjau beberapa pembangunan infrastruktur yang ada di wilayahnya. Amrullah tak pernah berdiam diri dibelakang meja kantornya lalu menerima laporan dari bawahannya. Amrullah lebih suka blusukan memantau progres proyek fisik.


KENDARIPOS.CO.ID — Kerja kerja duet Bupati Konawe Kepulauan (Konkep), Amrullah dan Wakil Bupati, Andi Muhamad Lutfi kini mulai dinikmati manfaatnya. Lalu lintas manusia dan barang di tujuh kecamatan sudah terkoneksi. Padahal, sebelum Amrullah membangun infrastruktur jalan dan jembatan, tujuh kecamatan itu terisolir.

Amrullah mampu meretas wilayah terisolir. Memang, tak sedikit anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) dialokasikan untuk peningkatan infrastruktur di daerah berjuluk Pulau Wawonii itu. Amrullah yakin, hadirnya infrastruktur memadai dapat melancarkan roda perekonomian warga.

Tahun ini, sekira Rp 80 miliar anggaran dialokasikan untuk menuntaskan jalan dan jembatan. Amrullah menjelaskan ada dua sumber anggaran yang diporsikan untuk memuluskan sarana penghubung di wilayah itu. Dana alokasi khusus (DAK) sekira Rp 31 miliar dan dana alokasi umun (DAU) 2019, sekira Rp 49 miliar.

Amrullah mengatakan, selain APBD yang dialokasikan untuk pembenahan infrastruktur, ayah tiga anak itu juga terbantu dengan anggaran DAK afirmasi dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigras (PDTT). Berbekal anggaran dari afirmasi itu, Pemkab Konkep dapat membuka sekira 10 kilometer jalan baru. Yakni jalan Pantai Kampa-Waworope sekira 6,5 kilometer, lebar 10 meter, jalan Lawey-Rokoroko 2,5 kilometer, lebar 10 meter dan jalan yang menghubungkan Pasir Putih-Batumea dengan panjang 400 meter lebar 20 meter.

“Tetapi ada beberapa ruas jalan yang kita aspal tahun ini. Dan kami prioritaskan jalan yang berada diperkampungan. Insya Allah, tahun ini akses dari Langara sampai Wawonii Timur Laut sudah mulus,” kata Amrullah, kemarin.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy