98 Persen Warga Kurang Mampu di Wakatobi Terakomodir JKN – Kendari Pos
Wakatobi

98 Persen Warga Kurang Mampu di Wakatobi Terakomodir JKN

KENDARIPOS.CO.ID — Program kesehatan bersinar yang menjadi salah satu andalan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi mulai terealisasi. Selama tiga tahun berjalan, hampir seluruh masyarakat Wakatobi yang kurang mampu telah mengantongi BPJS yang berlogo Wakatobi. Hingga kini, sekitar 98 persen masyarakat kurang mampu telah terakomodir program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

Dinas Kesehatan (Dinkes) Wakatobi mengklaim sebanyak 48 ribu jiwa masyarakat yang kurang mampu telah mendapatkan kartu BPJS ini. Pemda Wakatobi setiap tahunnya menganggarkan biaya BPJS melalui program kesehatan bersinar ini lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Kasi Promosi Kesehatan dan pemberdayaan Masyarakat Dinkes Wakatobi, Nurhaslia menyebut BPJS ini bisa digunakan difasilitas kesehatan. Tentu saja sudah banyak masyarakat yang menggunakan layanan ini. Namun, masih ada masyarakat yang kurang mampu belum mengantongi BPJS kesehatan bersinar ini.

Jika dipresentasekan, sebanyak 98 persen masyarakat kurang mampu memiliki BPJS ini. Artinya, masih ada dua persen yang belum mengantongi bantuan ini. “Sudah lebih dari 48 ribu dan jika dipresentasikan sudah sebanyak 98 persen masyarakat kurang mampu yang menerima bantuan ini,” ungkapnya, Senin (28/10). Kendati demikian, Pemkab Wakatobi menargetkan secara universal masyarakatnya yang kurang mampu bisa memiliki jaminan kesehatan yang bersumber dari APBD ini. Pemkab Wakatobi juga memberi penilaian kepada puskesmas supaya ada jaminan pelayanan yang berkualitas. “Upaya ini dalam rangka mendorong kesehatan bersinar itu. Dan itu sudah dilakukan oleh Pemda Wakatobi,” tandasnya. (b/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top