5 Oleh-oleh Khas Semarang yang Wajib Dibawa Pulang – Kendari Pos
Aneka

5 Oleh-oleh Khas Semarang yang Wajib Dibawa Pulang

Saking enaknya kuliner di Semarang, banyak orang yang ingin membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Foto : https://travelingyuk.com/

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagai salah satu kota paling populer di Jawa Tengah, Semarang memang memiliki daya tariknya tersendiri. Beragam hal menarik bisa kamu temukan di sana. Belum lagi ragam kulinernya yang terkenal lezat, dijamin kamu bakal betah berlama-lama liburan di Semarang.

Saking enaknya kuliner di sana, banyak orang yang ingin membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Kalau kamu berencana liburan ke Semarang, segera cek harga tiket pesawat terbaru dan murah untuk mendapatkan harga promo. Nah, dari sekian banyak kuliner di Semarang, berikut rekomendasi makanan khas Semarang yang paling dan cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

  1. Bandeng Presto

Oleh-oleh khas Semarang yang paling terkenal dan menjadi ciri khas Kota Semarang adalah bandeng presto. Yap, sebagai kota di pinggir laut yang punya banyak tambak, Semarang memang dikenal sebagai salah satu penghasil bandeng terbesar di Indonesia.

Meski ikan bandeng memiliki duri-duri kecil, ikan bandeng yang sudah dipresto bisa dimakan walau dengan durinya sekali pun. Proses memasak dengan presto memang dapat melunakkan seluruh tulang dan duri ikan sehingga kuliner ini pun bisa dinikmati oleh semua orang termasuk anak-anak sekali pun.

Rasa gurih dan lezat menjadikan makanan ini begitu digemari dan dijadikan oleh-oleh khas Semarang. Lokasi untuk membeli bandeng presto pun tersebar di seluruh pelosok Kota Semarang. Namun yang paling terkenal adalah toko Bandeng Presto Pandanaran dan toko Bandeng Juwana Elrina.

  1. Lumpia

Jika berbicara mengenai oleh-oleh khas Semarang, lumpia pasti sudah ada di pikiranmu. Makanan khas Kota Semarang ini memang sangat populer. Bentuknya yang mirip seperti roulade ini berisi campuran udang, telur, ayam, serta rebung atau bonggol bambu muda yang dicincang halus.

Lumpia sendiri sebenarnya merupakan makanan peranakan Asia yang berkembang lama di Semarang. Jika ingin menikmati lumpia enak, kamu bisa berkunjung ke Jalan Gang Lombok No. 11, samping Klenteng Tay Kak Sie karena terdapat salah satu toko tertua yang menjual lumpia di kawasan tersebut.

  1. Wingko Babat

Oleh-oleh khas Semarang lainnya yang bisa kamu bawa pulang adalah wingko babat. Berbahan dasar kelapa dan tepung beras yang dibakar hingga berwarna cokelat kehitaman, kuliner ini biasanya dibungkus dengan kertas kemudian dikemas dalam sebuah kotak.

Wingko babat sendiri memiliki varian rasa, mulai dari cokelat, nangka, hingga durian. Rasanya yang legit dengan teksturnya yang lembut akan membuat kamu ketagihan saat memakannya.

  1. Tahu Bakso

Semarang juga punya tahu bakso yang sering dijadikan sebagai buah tangan. Sesuai namanya, tahu bakso sendiri terbuat dari bahan dasar tahu cokelat yang diisi dengan adonan bakso.

Kuliner ini pun telah dikreasikan sehingga isiannya tak melulu berupa adonan daging, tapi juga berupa isian daging ayam, kepiting, bahkan ikan bandeng. Salah satu tempat yang terkenal adalah tahu bakso Ibu Pudji yang terletak di daerah Ungaran.

  1. Tahu Petis

Camilan khas Semarang yang juga cocok dijadikan oleh-oleh adalah tahu petis. Tahu petis adalah tahu kuning yang diisi petis, lalu digoreng hingga kering. Sambal petis inilah yang membuat cita rasa kuliner ini begitu nikmat.

Jika ingin membawanya pulang sebagai oleh-oleh, toko tahu petis yang terkenal enak berada di kawasan Jalan Mataram atau sekitar Simpang Lima Semarang.

Jadi, kuliner mana yang ingin kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy