262.841 Warga Sultra Belum Terdaftar JKN-KIS – Kendari Pos
Metro Kendari

262.841 Warga Sultra Belum Terdaftar JKN-KIS

Ilustrasi KIS

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) berupaya menciptakan pelayanan kesehatan secara merata dan terpadu. Duet Ali Mazi-Lukman menggagas program Sultra Sehat. Warga miskin yang belum terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) akan mendapat layanan kesehatan melalui Kartu Sultra Sehat dan Kartu Sultra Sehat Emergency.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Sultra, Andi Hasnah mengatakan penerima Kartu Sultra Sehat, merupakan golongan masyarakat tidak mampu namun belum terakomodir dalam JKN-KIS. Saat ini di Sultra, untuk penerima JKN telah mencapai 90, 03 persen atau sekira 2.372.582 jiwa. Artinya, 9,97 persen atau 262.841 orang masih tergolong non JKN-KIS. Mereka inilah yang akan diberikan atau mendapat layanan kesehatan melalui Kartu Sultra Sehat dan Kartu Sultra Sehat Emergency.

Namun, ia belum tahu secara pasti berapa jumlah warga yang akan menerima layanan kesehatan program Pemprov. Yang jelas saat ini, tujuh dari 17 kabupaten/kota, belum mendapatkan kartu JKN. Padahal seharusnya penyebaran program JKN ini secara universal. “Seluruh masyarakat harusnya menerima jaminan pelayanan kesehatan. Warga dari tujuh daerah yang belum menikmati JKN itu adalah Kota Kendari, Kolaka, Kolaka Utara, Kolaka Timur, Konawe Selatan, Konawe dan Buton Tengah. Jadi mereka ini akan terdata sebagai Kartu Sultra Sehat dan Kartu Sultra Emergency,”ungkapnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy